Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Mahasiswa Unsoed Raih Perak di Lomba Mandalika Essay Competition 4

Mahasiswa Unsoed

BANYUMAS – Tiga mahasiswa Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto kembali menorehkan prestasi membanggakan. Mereka berhasil meraih medali perak dalam ajang Mandalika Essay Competition 4.

Gilang Saemanah, Nella Septiyani, dan Hana Ajengsih Dahliawati mengangkat judul esai “Essay Patch Inovatif Kombinasi Ekstrak Jahe Merah dan Daun Kemangi Sebagai Pereda Dismenore”. Esai mereka terpilih sebagai salah satu yang terbaik dari 78 tim dari berbagai universitas di Indonesia.

“Kami terinspirasi dari tingginya prevalensi dismenore pada perempuan. Kami ingin mencari solusi dengan memanfaatkan potensi tanaman obat,” ujar Gilang, Ketua Tim Mahasiswa Unsoed.

Mereka memilih jahe merah dan daun kemangi sebagai bahan utama patch pereda dismenore. “Kami tuangkan ide ini dalam bentuk esai dan alhamdulillah lolos finalis,” kata Gilang.

Perjalanan menuju kemenangan tidaklah mudah. Tim Unsoed harus menyeimbangkan persiapan esai dengan kesibukan praktik kerja lapangan. Namun, berkat bimbingan dosen dan dukungan fakultas, mereka berhasil mempersiapkan diri dengan baik.

“Kami sangat bersyukur bisa meraih medali perak. Ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam bidang kesehatan,” pungkas Gilang.

BACA JUGA  Panembangan, Desa Wisata Berbasis Minapadi yang Menginspirasi

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...