Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Marmo-Zuber Berjaya di TPS Kandang

SEMARANG, Jowonews.com – Perolehan suara pasangan Soemarmo HS-Zuber Safawi (MaZu) pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang 2015 berjaya di tempat pemungutan suara (TPS) “kandang”.

Dari hasil penghitungan suara di TPS 12 Kelurahan Sumurboto, Semarang, Rabu, pasangan MaZu yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memperoleh 202 suara.

Di urutan kedua, pasangan Hendrar Prihadi-Hevearita Gunaryanti Rahayu (Hendi-Ita) dengan perolehan sebanyak 125 suara, disusul pasangan Sigit Ibnugroho Sarasprono-Agus Sutyoso (SiBagus) 33 suara.

“Dari total pemilih yang menggunakan hak pilihnya di TPS ini sebanyak 375 pemilih, ada 15 surat suara di antaranya yang dinyatakan tidak sah,” kata Ketua KPPS TPS 12 Kelurahan Sumurboto, Suyana.

Ketidakabsahan surat suara yang dimaksudkan, kata dia, karena yang dicoblos lebih dari gambar satu pasangan calon, bahkan ada yang dicoblos di gambar ketiga pasangan calon sekaligus.

Ada pula, kata dia, surat suara yang tidak dicoblos sama sekali pada ketiga gambar pasangan calon, termasuk ada yang ditempeli dengan tulisan bernada tidak pantas sehingga dianggap tidak sah.

“Untuk total daftar pemilih tetap (DPT) di TPS 12 Sumurboto mencapai sebanyak 540 pemilih. Namun, hanya 375 pemilih yang menggunakan hak suaranya, sementara yang lainnya kami tidak tahu,” katanya.

Pemilihan kepala daerah di Kota Semarang tahun ini diikuti sebanyak tiga pasangan calon, sesuai nomor urut, yakni pasangan MaZu, kemudian pasangan Hendi-Ita diusung PDI Perjuangan, Nasdem, dan Demokrat.

Pasangan SiBagus yang mendapatkan nomor urut tiga pada pilkada di Kota Semarang diusung oleh koalisi tiga partai politik, yakni Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Golkar. (JN03/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...