Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Masjid Kauman Jadi Penampungan Pedagang Pasar Yaik

SEMARANG, Jowonews.com – Masjid Agung Semarang Kauman Semarang menyediakan halaman dan serambinya untuk tempat menaruh dagangan pedagang Pasar Yaik yang khawatir api kembali muncul. Hal tersebut diungkapkan Pengurus Masjid Kauman langsung melalui pengeras suara, Sabtu (27/2) malam.

Meski api yang sempat membakar pasar yang masih satu kompleks dengan Pasar Johar itu sudah berhasil dipadamkan, para pedagang tetap berbondong-bondong mengungsikan barang dagangannya. Banyaknya masyarakat yang menonton membuat sepanjang lorong pasar maupun jalan menjadi padat sehingga menyulitkan pedagang untuk mengeluarkan barang dagangannya dari dalam pasar.

Selain itu, rencananya, pengurus Masjid Kauman juga mendirikan dapur umum untuk membantu pedagang Pasar Yaik yang menjadi korban kebakaran.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya di Jowonews.com, para pedagang Pasar Yaik Semarang, Jawa Tengah, panik berusaha menyelamatkan barang dagangannya menyusul kebakaran yang melanda pasar yang masih satu kompleks dengan Pasar Johar tersebut, Sabtu malam.

Pedagang memindahkan barang dagangannya di sepanjang Jalan Agus Salim Semarang. Menurut salah seorang pedagang Hasanudin (27), api berasal dari bagian tengah pasar. “Dari tengah pasar, tidak terlalu besar,” katanya.

Menurut dia, kebakaran bermula dari salah satu kios di lantai satu pasar. “Asap sudah mengepul di sekitar kios yang terbakar,” kata pedagang sepatu tersebut.

Menurut dia, kondisi di dalam pasar sebagian kios telah tutup. Belasan mobil pemadam kebakaran diterjunkan untuk memadamkan api. Kebakaran tersebut merupakan yang kedua setelah tahun lalu kebakaran meludeskan bangunan utama Pasar Johar. (jn03)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...