Jowonews

Masuki Musim Kemarau, Warga Diminta Waspada Kekeringan

Ilustrasi Musim Kemarau. (Foto: IST)
Ilustrasi Musim Kemarau. (Foto: IST)
Ilustrasi Musim Kemarau. (Foto: IST)

Cilacap, Jowonews.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa sebagian besar wilayah Jawa Tengah diprakirakan telah memasuki awal musim kemarau. Menurut Kepala Kelompok Teknisi BMKG Cilacap Teguh Wardoyo, secara keseluruhan pada pertengahan bulan Mei isudah memasuki awal musim kemarau, meskipun di beberapa tempat kadang masih terjadi hujan dengan intensitas ringan.

Dikatakan Teguh, beberapa daerah yang masih berpotensi terjadi hujan ringan di antaranya Purbalingga, Banjarnegara, serta Cilacap bagian barat khususnya Kecamatan Karangpucung dan Dayeuhluhur. Kendati demikian, Teguh mengatakan bahwa hujan dengan intensitas ringan itu hanya terjdi di wilayah-wilayah tertentu atau tidak merata.

“Awal musim kemarau di wilayah pesisir selatan Jateng lebih cepat dari yang diprakirakan sebelumnya, yakni dasarian pertama bulan Juni. Bahkan dalam beberapa hari terakhir, di wilayah pesisir selatan Jateng sama sekali tidak terjadi hujan,” jelas Teguh di Cilacap, Jumat (22/5) kemarin. 

Pihaknya juga memprediksi bahwa musim kemarau tahun 2015 berlangsung normal tanpa adanya gangguan fenomena La Nina maupun El Nino. Oleh karena bersifat normal, dia mengimbau warga yang bermukim di wilayah rawan kekeringan untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya kekeringan. (JN03)

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...