Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Mayoritas Fraksi di MPR Setuju Menghidupkan GBHN Lagi

SEMARANG, Jowonews.com – Mayoritas fraksi di DPR RI menyatakan setuju akan dengan usulan mengembalikan lagi Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN). Ini didasarkan dari Rapat gabungan yang mendengarkan pandangan fraksi dan kelompok DPD belum lama ini.

“Ini belum pernah saya sampaikan soal hasil Rapat gabungan MPR tentang pengkajian kembalinya GBHN dan amandemen UUD. Jadi baru kali ini saya sampaikan hasilnya,” ujar Anggota DPD RI, yang juga Ketua Badan Pengkajian, Bambang Sadono disela serap aspirasi masyarakat di Semarang, Sabtu (28/1).

Pihaknya menuturkan beberapa partai seperti PDIP, Nasdem, PAN, PPP, dan PKB setuju pengembalian GBHN dengan melalui ketetapan MPR dan dilakukan amandemen terbatas terhadap UUD.

Sedangkan Golkar, PKS dan DPD menyatakan setuju terhadap pengembalian GBHN namun bukan menjadi agenda tunggal. “Agenda lainnya itu penguatan DPD dan MPR,” imbuhnya.

Adapun yang tak kalah menarik adalah Partai Gerindra yang ingin kembali ke UUD 1945 sebelum amandemen.

Ditambahkan, selanjutnya hasil rapat gabungan dari pandangan fraksi-fraksi itu akan diusulkan hingga nantinya baru akan diputuskan. “Jadi masih butuh waktu untuk pengembalian GBHN,” tandasnya. (Jn19)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...