Jowonews

Logo Jowonews Brown

MEDIA DI ERA DIGITAL DALAM PENDIDIKAN DI INDONESIA

Oleh: Yessica Murpratiwi

Pendidikan merupakan upaya yang terstruktur, berencana dan berlangsung secara terus-menerus sepanjang hayat untuk menuntun peserta didik menjadi manusia dewasa dan berbudaya. Pendidikan menjadi landasan utama dalam mengikuti arus perkembangan zaman modern, dengan pendidikan diharapkan mengubah pola pikir manusia menjadi lebih baik lagi. Pembelajaran di sekolah dasar harusnya dilakukan sebuah pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik yang dimiliki serta kebutuhan yang diperlukan oleh anak usia sekolah dasar karena hal ini dapat menumbuhkan potensi peserta didik dan menumbuhkan semangat belajar anak sekolah dasar.

Untuk mencapai tujuan pembelajaran, seorang guru harus mampu menciptakan suasana pembelajaran dengan baik. Baik dalam proses pemilihan pendekatan, metode, strategi, dan teknik yang dilakukan dengan mempertimbangkan situasi, kondisi, kebutuhan dan karakteristik peserta didik yang dihadapi dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Maka guru harus teliti dalam memilih pendekatan, metode, strategi, dan teknik yang sesuai dengan peserta didiknya agar tidak mempersulit peserta didik dalam belajar.

Untuk dinyatakan berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh faktor, diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina, dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan peserta didik. Sebagai pengantar sekaligus pelaku dalam proses belajar mengajar, gurulah yang mengarahkan bagaimana proses belajar mengajar itu dilaksanakan. Karena itu guru harus membuat kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efektif juga menarik, sehingga bahan pelajaran yang disampaikan akan membuat peserta didik merasa senang.

Sebagian besar guru masih menggunakan metode ceramah dalam pembelajarannya karena mungkin metode ini di anggap lebih efektif dalam menjelaskan kepada peserta didik padahal metode ceramah ini yang membuat peserta didik itu bertambah lebih bosan dan memilih untuk tidak mendengarkan gurunya dari pada harus mendengarkan ceramah yang sebagian besar sulit dipahami oleh peserta didik. Mengingat pentingnya peran guru dalam pendidikan, apalagi di era teknologi digital  ini, maka kebutuhan akan guru yang berkualitas menjadikan sebuah harapan demi masa depan bangsa yang maju. Kebutuhan akan guru yang berkualitas yang semakin tinggi saat ini hendaknya disikapi secara positif oleh para pengelola pendidikan guru.

Maka kita sebagai seorang guru harus bisa memilih media yang tepat dalam pembelajaran, media pembelajaran bisa digunakan sebagai alat bantu yang berfungsi melancarkan jalannya kegiatan belajar mengajar, tetapi harus memperhatikan tujuan pembelajaran. Peserta didik dapat dengan mudah memahai materi, selain itu agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan menarik. Seiring dengan kemajuan teknologi informasi, di era sekarang guru di tuntut harus mampu memanfaatkan teknologi digital untuk mendesain pembelajaran yang kreatif.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...