Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Menara Peringatan Dini untuk Masyarakat Sekitar Kawah Timbang

Kawah-Timbang-DiengBANJARNEGARA, Jowonews.com-Kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat terhadap gas beracun di sekitar Kawah Timbang, Desa Sumberejo, Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara,Jateng terus meningkat. BNPB bersama  Pemkab Banjarnegara, PVMBG,BPBD Kabupaten Banjarnegara meresmikan menara peringatan dini Kawah Timbang, Kabupaten Banjarnegara yang diresmikan oleh Kepala BNPB, Kamis, (12/2) di Banjarnegara.

“Aktivitas terakhir Kawah Timbang pada tahun 2011 dan 2013 juga mengharuskan kita untuk mengamankan penduduk dalam radius 1 km”  ucap Syamsul Maarif.

Menara ini terdiri dari 3 lantai, Lantai 1 Pos Forum PB Kawah Timbang dengan pembina dari BPBD Banjarnegara dan Petugas PVMBG. Lantai 2 Pengendalian Komunikasi EWS dengan operator petugas PVMBG dibantu forum PB Kawah Timbang. Lantai 3 Pemantauan Visual dengan operator Petugas PVMBG.

Berdasarkan tingginya tremor dan gempa-gempa vulkanik yang terjadi, menambah tekanan gas dalam rekahan. Sehingga keluar lebih banyak.

Kawah Timbang merupakan kawah yang terletak di dekat Sinila dan beraktivitas sedang dan kawah ini merupakan sumber gas CO2 berkonsentrasi tinggi yang berdampak pada 149 korban pada tahun 1979.

Antisipasi dan pemberdayaan masyarakat sudah dilakukan, antara lain memetakan ancaman Kawah Timbang dan rekahan yang dilakukan PVMBG.

Deteksi  gas beracun oleh BPPTKG, BPPT, Informasi Peringatan Dini yang dilakukan secara berkala. Kemudian pemberdayaan relawan penanggulangan bencana Kawah Timbang hasil pembinaan BPBD Banjarnegara dan PVMBG.

Wakil Bupati Banjarnegara Hadi Supeno, menyambut baik pembangunan menara. “Harap Kades beserta masyarakat memelihara dan menjaga menara ini untuk kebaikan bersama, baik informasi evaluasi dan sebagainya” ucapnya.

Khoirul Munar, Anggota DPR Komisi VIII dalam sambutan juga mengatakan sangat mendukung sistem deteksi peringatan dini. “Kita akan mendorong pendanaan untuk pembuatan sistem peringatan dini tahun 2016” ungkapnya.(JN01)

BACA JUGA  Hadapi Musim Hujan, Mensos Pastikan Stok Bantuan Bencana Alam Aman

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...