Jowonews

Logo Jowonews Brown

Menteri Luar Negeri Pakistan Beri Dukungan Bagi Perdamaian Afghanistan

PAKISTAN, Jowonews.com –– Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi pada Sabtu (15/9), dalam pembicaraan di Ibu Kota Afghanistan, Kabul, meyakinkan para pemimpin Afghanistan mengenai kerja sama negaranya dalam perdamaian dan perujukan.

Qureshi, yang memimpin delegasi pejabat senior dalam kunjungan luar negeri pertamanya ke Kabul, bertemu dengan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani dan Kepala Eksekutif Abdullah Abdullah serta mengadakan pembicaraan tingkat delegasi dengan timpalannya dari Afghanistan Salahuddin Rabbani, kata Kementerian Luar Negeri di Islamabad.

Satu pernyataan Kementerian Luar Negeri mengatakan Qureshi kembali menyampaikan dukungan Pakistan bagi upaya Pemerintah Persatuan Nasional untuk mewujudkan perdamaian yang langgeng di Afghanistan.

“Ia (Qureshi) meyakinkan pemimpin Afghanistan bahwa Pakistan, bersama dengan mitra lain Afghanistan, tetap siap memainkan peran konstruktif dalam memfasilitasi proses perujukan dan perdamaian milik Afghanistan yang dipimpin oleh Afghanistan,” kata pernyataan tersebut, sebagaimana dikutip Xinhua –yang dipantau Antara di Jakarta, Ahad pagi.

Kedua pihak bertukar pandangan mengenai berbagai masalah yang berkaitan dengan kepentingan timbal-balik termasuk proses perdamaian Afghanistan, kestabilan dan kerja sama gabungan dalam perang melawan teror, kata satu pernyataan dari Istana Presiden Afghanistan.

“Dalam pertemuan itu, kedua pihak membahas kemajuan dalam rencana aksi Afghanistan dan Pakistan bagi perdamaian, keamanan, solidaritas serta proses perdamaian milik Afghanistan yang dipimpin oleh orang Afghanistan serta dukungan Pakistan bagi proses tersebut,” tambah pernyataan itu.

Presiden Ghani dalam pertemuan tersebut menekankan pentingnya peningkatan kerja sama bilateral berdasarkan kerangka kerja sama bilateral termasuk Rencana Aksi Afghanistan-Pakistan bagi Perdamaian dan Solidaritas (APAPPS) dan Koordinasi Perdagangan Transit Afghanistan-Pakistan, tambah pernyataan itu. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...