Jowonews

Logo Jowonews Brown

Meramaikan Industri Kendaraan Listrik di Tanah Air

JAKARTA, Jowonews.com — Kendaraan listrik di Indonesia saat ini memang belum menjadi pilihan utama masyarakat karena industrinya belum terlalu banyak dan berkembang, juga infrastrukturnya belum mendukung.

Meskipun demikian, bukan berarti tidak ada perusahaan swasta yang tidak berminat untuk mengembangkan industri kendaraan listrik.

Konon, pada masa mendatang kendaraan bebas timbal dan ramah lingkungan itu, akan menjadi kendaraan pilihan utama masyarakat.

Salah satu perusahaan swasta PT Bakrie & Brothers Tbk (BNBR) melihat peluang terbuka itu dan secara serius segera memulai langkah strategis untuk terjun lebih dalam ke bisnis otomotif, khususnya mengembangkan bus listrik walaupun masih harus menggandeng perusahaan asal China BYD Auto Co.Ltd.

Sekalipun dalam jangka pendek bisnis tersebut dipastikan belum memberikan keuntungan, perseroan berharap dapat menjadi salah satu pemain utama dalam bisnis penyediaan kendaraan listrik di Tanah Air, setelah mencapai target pemenuhan kandungan komponen lokal 55 persen pada 2022.

Ke depannya, BNBR tidak sekadar menjual kendaraan bus, akan tetapi juga menawarkan sistem transportasi umum untuk kota-kota di Indonesia.

“Sejumlah pemerintah provinsi sudah menyatakan berminat terhadap bus listrik kita dan juga ada kawasan industri yang menginginkan bus listrik untuk angkut karyawan,” kata Direktur Utama PT Bakrie & Brothers Bobby Gafur Umar kepada pers usai uji coba bus listrik di Ungasan, Bali, Senin (16/10).(jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...