Jowonews

Logo Jowonews Brown

Mesut Ozil tak Berpuasa Saat Bela Jerman di Euro 2016

PARIS, Jowonews.com – Pemain tengah tim nasional Jerman, Mesut Ozil memastikan tidak akan menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadan tahun ini. Ia tidak ingin memaksakan diri tetap berpuasa sambil membela Jerman di pentas Euro 2016.

Ozil selama ini dikenal sebagai seorang muslim yang taat. Bahkan, usai menyelesaikan musim 2015/16 bersama Arsenal, Ozil diketahui sedang menjalankan ibadah umroh di Mekkah.

Namun, Ozil terpaksa tidak bisa menjalankan ibadah puasa pada bulan Ramadan tahun ini yang akan jatuh pada pekan depan. Pasalnya, bulan Ramadhan dipastikan bersamaan dengan ajang Euro 2016 di mana Ozil tercatat sebagai salah satu pemain di timnas Jerman.

“Cuaca terlalu hangat di musim panas dan kami memiliki sesi latihan yang intensif dan juga pertandingan. Oleh karena itu, tidak akan mungkin bagi saya untuk tetap berpuasa,” ujar Ozil di laman resmi DFB, Sabtu.

Otoritas Muslim di Jerman sejak tahun 2010 sudah mengeluarkan edaran bahwa untuk para olahragawan diperbolehkan meninggalkan puasa di bulan Ramadan. Namun, mereka diwajibkan untuk menggantinya dengan puasa di hari lain. Hal tersebut juga sudah disampaikan langsung oleh Aiman Mazyek kepada federasi sepakbola Jerman, DFB.

Sebelum menjalani Euro 2016, Ozil melaksanakan ibadah umroh di Tanah Suci. Sebelum menuju Mekkah, Ozil mengunjungi beberapa rekannya di Dubai. Setelah itu, gelandang Arsenal tersebut melanjutkan perjalanan ke Yordania, dan bertemu dengan Pangeran Ali bin Al Hussein, anak ketiga Raja Hussein.

Seperti dilansir Jowonews.com dari laman Khaleejtimes, Minggu (5/6/2016), Ozil memanfaatkan waktu liburnya jelang pemusatan latihan untuk Piala Eropa 2016 di Prancis, dengan melakukan ibadah umrah di Arab Saudi.

Dari foto-foto yang beredar di dunia maya, pemain 27 tahun itu diketahui telah beberapa hari berada di Arab Saudi untuk umrah. Salah satu foto memperlihatkan Oezil sedang mengenakan pakaian ihrom di depan Ka’bah.

Di akun media sosialnya, Ozil juga memposting fotonya sendiri dalam balutan busana ihram serba putih. Mantan pemain Real Madrid ini sepertinya ingin menenangkan diri sejenak sebelum kembali membela timnas Jerman di Piala Eropa 2016 pekan depan.

BACA JUGA  Perancis Jadi Tim Paling Menghibur di Euro 2016

Selain dikenal sebagai sosok bintang muslim, pemain Jerman berdarah Turki itu juga dikenal sebagai sosok yang suka berderma. Tapi, dia enggan mempublikasikan aksi kedermawanannya itu ke media massa. (jn03)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...