Jowonews

Logo Jowonews Brown

MK Diminta Prioritaskan Sengketa Pilkada Daripada Urus Jabatan Wapres

JAKARTA, Jowonews.com — Anggota Koalisi Selamatkan Mahkamah Konstitusi Feri Amsari mengatakan MK sebaiknya fokus menyelesaikan sengketa hasil pemilihan kepala daerah dan menghentikan persidangan pengujian undang-undang, termasuk pembatasan masa jabatan presiden dan wakil presiden.

“Jangan sampai MK menjadi alat kepentingan dan menabrak aturan yang ada,” kata Feri dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Menurut Feri, mendahulukan penyelesaikan perselisihan hasil pilkada dan menghentikan persidangan pengujian UU merupakan tradisi persidangan dan peraturan MK.

Peneliti pada Pusat Studi Konstitusi Fakultas Hukum Universitas Andalas ini mengatakan bahwa MK dan para hakimnya tak boleh diatur-atur oleh pihak mana pun.

“Jangan hanya karena kepentingan JK, lalu semua harus menabrak aturan,” katanya.

Ia mengingatkan Sekjen MK Guntur Hamzah sebelumnya sudah menyampaikan bahwa persidangan pengujian UU akan ditunda dan MK akan fokus pada perselisihan hasil pilkada.

Oleh karena itu, dia mengkritik juru bicara MK Fajar Laksono yang menyatakan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2003 tentang MK hakim konstitusi dapat memutus perkara pengujian undang-undang dalam waktu yang singkat. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...