Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Muhammadiyah Magelang Beri Pelatihan SAR ke Pelajar

MAGELANG, Jowonews.com – Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Muhammadiyah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah menyelenggarakan pendidikan dan latihan SAR untuk pelajar. Kegiatan ini digelar sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya antisipasi bencana alam.

“Tujuannya antara lain untuk memberikan kesadaran terkait dengan pentingnya antisipasi terhadap bencana alam,” kata Ketua LPB Muhammadiyah Kabupaten Magelang Asroni dalam keterangan tertulis yang diterima di Magelang, Sabtu (22/4).

Kegiatan tersebut berlangsung mulai Jumat (21/) sore hingga Senin (24/4) di dua lokasi, yakni Kompleks Perguruan Muhammadiyah Desa Kaliabu, Kecamatan Salaman dan kawasan Perbukitan Menoreh. Jumlah peserta 87 pelajar SMA, MA, dan SMK Muhammadiyah.

Ia mengatakan diklat tersebut juga untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang penanggulangan bencana alam sesuai dengan perundang-undangan. Selain itu, ujarnya, membentuk generasi muda di daerah setempat yang memiliki kepedulian serta kesetiakawanan sosial.

Materi diklat, antara lain pengenalan tentang LPB Muhammadiyah, pertolongan pertama gawat darurat, navigasi darat dan panjat tebing, pengetahuan dasar bertahan hidup ketika berhadapan dengan situasi dan alam yang sulit.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Magelang Jumari menjelaskan tentang pentingnya kegiatan tersebut yang antara lain menyangkut proses kaderisasi Tim SAR. (jwn5/ant)

BACA JUGA  Muhammadiyah Tetapkan Idul Fitri Jatuh pada Hari Kamis 13 Mei

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...