Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

MUI Banyumas: Idul Adha Semangat Solidaritas Sosial

BANYUMAS, Jowonews.ccom — Perayaan Idul Adha dapat menjadi momentum bagi masyarakat untuk saling berbagai dan memperkuat nilai-nilai kemanusiaan, kata Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Banyumas Ridwan.

“Semangat Idul Adha adalah semangat untuk saling berbagi,” katanya di Purwokerto, Jumat (1/9).

Selain itu, kata dia, semangat Idul Adha juga merupakan semangat untuk membangun solidaritas sosial.”Refleksinya adalah momentum membangun persaudaraan sejati atas dasar nilai kemanusiaan sesama anak bangsa dengan ketulusan hati dalam bingkai NKRI,” katanya.

Dia menambahkan, Idul Adha merupakan momentum untuk makin mendekatkan diri kepada Allah SWT.Salah satu caranya, kata dia, adalah dengan melaksanakan ibadah kurban.

“Penyembelihan hewan kurban merupakan simbolisasi untuk membuang sikap serakah manusia. Karena itu melalui momentum Idul Adha, masyarakat dapat saling berbagi,” katanya.

Masyarakat yang mampu, tambah dia, dapat membantu warga lain yang ekonominya lemah.Dia juga menambahkan makna yang terkandung dalam Idul Adha, adalah keimanan dan kemanusiaan. “Melalui momentum Idul Adha juga diharapkan kerukunan antarumat beragama dapat lebih ditingkatkan,” katanya. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...