Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Musim Kemarau, Petani Pekalongan Nekat Tanam Padi

PEKALONGAN, Jowonews.com — Para petani di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, tetap nekat menanam padi meski saat ini sedang memasuki musim kemarau.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pekalongan, Siswanto mengatakan bahwa saat ini banyak petani setempat yang membandel melanggar pola tanam sehingga bisa merugikan mereka karena tanaman padi akan puso akibat kekurangan air.

“Setiap musim kemarau masih dijumpai adanya petani yang nekat menanam padi meski resiko gagal panen relatif cukup tinggi karena tanaman akan puso akibat kekurangan air,” katanya di Pekalongan, Minggu (10/9).

Kendati demikian, kata dia, pemkab akan melakukan pembinaan dan pengawalan pada petani yang sudah terlanjur menanam padi pada saat musim kemarau agar tidak terancam merugi.

“Adapun, bagi petani yang belum melakukan tanam padi akan kami berikan informasi tentang iklim dan cuaca yang cenderung masih kering dan resiko menanam padi pada kondisi musim kemarau. Saat ini sudah ada sekitar sepuluh hektare lahan yang sudah ditanam padi di luar musim tanam,” katanya.

Petani padi Desa Kesesi, Waryono mengatakan para petani sudah mengetahui resiko menanam tanaman padi pada saat musim kemarau, yaitu kesulitan mendapatkan air.

Kendati demikian, kata dia, para petani menyiasati bisa mendapatkan air untuk tanaman padi, yaitu menyewa mesin penyedot air.

“Sebenarnya, aliran air di sungai di Kecamatan Kesesi masih cukup lancar sehingga kami menyiasati mengambil air untuk tanaman padi dengan menyedot air dari sungai itu,” katanya. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...