Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Musim Panen, Harga Beras Langsung Turun

SOLO, Jowonews.com – Program serap gabah (sergab) petani dari Kementrian Pertanian langsung berdampak pada penurunan harga beras dan harga bahan pokok lainnya. Hal itu terjadi di pasar tradisional Kota Solo. Untuk harga beras pada musim panen ini rata-rata turun sekitar Rp200 per kilogram.

Sidiq (37) salah satu pedagang di Pasar Kleco Solo, Selasa, mengatakan, turunnya harga beras di Pasar Kleco Solo rata-rata Rp200/kilogram, sehingga untuk jenis C4 kualitas super sekarang dijual menjadi Rp10.300/kg, sedangkan C4 biasa Rp9.500/kg.

Sidiq menjelaskan turunnya harga beras sudah diprediksi sebelumnya, yakni pada musim panen di beberapa daerah seperti Kabupaten Sragen, Karanganyar, Boyolali, Klaten, dan Sukoharjo, mulai Maret hingga April mendatang, persediaan akan melimpah. Bahkan, stok gabah di tempat penggilingan yang cenderung melimpah harga di pasar diprediksi masih bisa turun lagi.

Ditambahkan, turunnya harga beras juga diikuti bahan kebutuhan pokok lainnya seperti telur yang sebelumnya Rp18.000/kg kini menjadi Rp17.000/kg, gula yang sebelumnya Rp12.500/kg kini menjadi Rp12.000/kg, sedangkan minyak goreng curah kualitas super stabil Rp17.000/kg dan kualiats biasa Rp9.500/kg. Bahan kebutuhan pokok lainnya di pasar Kleco Solo seperti daging ayam mulai naik rata-rata Rp1.000/kg menjadi Rp29.000/kg, sedangkan daging sapi stabil di Rp100 ribu /kg kualitas super dan Rp95 ribu/kg kualitas biasa. (JN19/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...