Jowonews

Logo Jowonews Brown

Madhang

Nasi Bakar Tuna Kemangi, Kuliner Demak Yang Patut Dicoba

Nasi Bakar Tuna Kemangi

Nasi Bakar Tuna Kemangi merupakan kuliner Demak yang wajib kamu coba ketika datang ke Kota Wali.

Setelah menghabiskan waktu berwisata religi di Demak atau sekedar menikmati indahnya Alun-alun Demak, tak lengkap rasanya tanpa mencoba kelezatan Nasi Bakar Tuna Kemangi dan Sop Tuna Serani di Reinz Cafe yang terletak di Kota Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Sekilas Nasi Bakar Tuna Kemangi seperti nasi bakar pada umumnya, nasi putih berisikan tuna yang telah berbumbu kemangi dan dibungkus dengan daun pisang. Nasi yang telah dibungkus tersebut kemudian dibakar.

Sajian ikan tuna ini layaknya sajian di hotel bintang 5, namun terkesan dengan kesederhanaan yang menonjolkan cita rasa bumbu Indonesia, kata chef kafe Reinz Demak, Ayatullah saat membuat Nasi Bakar Tuna Kemangi.



“Dari bahan dasar ikan tuna yang sehat dan bergizi, kami gabungkan dengan masakan tradisional hingga menjadi nasi bakar tuna dengan kemangi,” kata sang juru masak dikutip dari Tribunjateng, Kamis (29/12/2022).

Salah satu rahasia yang menjadikan kuliner ini lezat adalah dengan mempertahankan bumbu rempah dan menambahkan sedikit ebi sebagai bumbu dasarnya.

“Kami selalu menggunakan bumbu tradisional yang khas seperti kemangi, daun serai, daun jeruk, bawang putih, dan cabai dan menggunakan sedikit ebi untuk mengeluarkan aroma wangi,” jelasnya.

Tak hanya itu, lanjut Aya, kelezatan kuliner ini juga terletak pada jenis nasi yang digunakan, yakni nasi merah atau nasi gurih.

“Tentunya untuk masakan nasi bakar ini, komplit dengan dibalut daun pisang dan nasinya pun menggunakan nasi liwet atau nasi gurih di kombinasikan dengan tumisan ikan tuna dan kemangi,” jelasnya.

Untuk bisa mencicipi Nasi Bakar Tuna Kemangi di Reinz Cafe harganya hanya Rp 32.000.

BACA JUGA  Sego Ndoreng Khas Demak, Kuliner Legendaris Sejak Masa Kerajaan

Salah satu tamu yang mencoba menu baru olahan Tuna tersebut adalah Evista, penyanyi dangdut lokal asal Demak yang ingin mencicipi menu baru sekaligus menghabiskan waktu berlibur di Reinz Cafe.

“Kali ini bersama teman-teman, saya sedang liburan tahun baru dan ingin mencoba menu baru yaitu Ikan Bakar Tuna Kemangi,” kata Evista usai mencicipi hidangan tersebut.

Perempuan asli Demak ini mengaku baru pertama kali mencoba nasi bakar ini.

“Ini pertama kalinya saya makan nasi bakar dengan kemangi dan tuna,” jelasnya.

Hidangan ini enak, terbuat dari daging ikan tongkol, dibumbui dengan rempah-rempah dan tentunya sangat nikmat.

Ia merasa cukup senang bisa mencoba makanan lezat tersebut dengan harga yang terjangkau.



“Untuk harga masih terbilang cukup terjangkau karena menu ini banyak ikan tuna dan dagingnya,” ujarnya. Hal yang sama juga disampaikan Yuni Sari, sahabat Evista, yang mencoba menu berbeda yakni Sop Tuna Serani.

Dengan rasa gurih, pedas, dan sedikit asam, itulah yang Yuni rasakan saat menyantap hidangan ini.

“Rasanya enak, pedas asam, enak sekali,” kata Yuni.

Senada dengan itu, Nungki yang sedang jalan-jalan bersama Evista dan Yuni yang baru saja melakukan wisata religi di Demak sengaja mampir ke kafe Reinz untuk mencoba tuna yang sudah disiapkan.

“Tadi baru selesai wisata religi, di makam Sunan Kalijaga, di masjid agung dan terakhir singgah di kafe reinz,” kata Nungki. Mirip dengan Yuni, Nungki juga memesan ikan tuna dengan kuah serani.

Ia pun merasa sangat senang mencicipi tuna dengan saus serani.

“Ini pesan tuna serani, rasanya enak dan cocok dengan campuran kemangi dan potongan tuna besar. Tentunanya enak, biasanya hanya ikan pindang tapi diganti dengan tuna kesanya berbeda ini murah sekali,” tutupnya.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...