Jowonews

Logo Jowonews Brown

Nelayan Batang Urung Melaut karena Cuaca Buruk

BATANG, Jowonews.com — Para nelayan di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, takut melaut karena kondisi perairan sedang buruk sehingga berbahaya bagi mereka yang nekat mencari ikan di laut.

“Saat ini, para nelayan tidak berani melaut karena kondisi cuaca buruk di laut. Mereka akan melaut setelah kondisi di laut aman untuk aktivitas mencari ikan,” kata Ketua Himpunan Nelayan Indonesia (HNSI) Kabupaten Batang Teguh Tarmujo di Batang, Rabu (29/11).

Ia mengatakan bahwa saat ini para nelayan lebih memilih beristirahat sambil digunakan untuk “dandan” atau memperbaiki jaring yang rusak maupun perbaikan mesin kapal.

Adapun bagi kapal nelayan kecil yang sudah terlanjur melaut memilih berlindung atau menepi di pulau-pulau terdekat seperti kepulauan Karimunjawa karena gelombang laut cukup tinggi.

Ia mengatakan aktivitas para nelayan untuk mencari ikan di laut dipekirakan akan kembali dimulai 3-4 hari ke depan atau sekitar awal Desember karena diperkirakan kondisi laut sudah aman.

“Saat ini para nelayan sudah banyak yang ‘melek’ teknologi sehingga mereka tahu kapan waktu yang aman untuk beraktivitas melaut,” katanya. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...