Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Nelayan Cilacap Masuk Masa Panen Ikan

CILACAP, Jowonews.com – Nelayan di pesisir selatan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, khususnya yang berada di Pantai Teluk Penyu memasuki masa panen ikan, kata Ketua Kelompok Nelayan Pandanarang Tarmuji.

“Alhamdulillah, sejak lebaran kemarin, ikan mulai bermunculan di perairan selatan Jateng. Saat ini, nelayan Pandanarang sedang panen ikan layur dan tengiri,” katanya di Tempat Pelelangan Ikan Pandanarang, Pantai Teluk Penyu, Cilacap, Senin.

Hasil tangkapan nelayan berupa ikan layur dan tengiri mulai mengalami peningkatan sejak Minggu (1/7).

Bahkan dalam sekali melaut nelayan bisa membawa pulang ikan layur sekitar 30-70 kilogram per perahu dan tengiri sebanyak 5-10 kilogram per perahu.

“Harga jual ikan layur dan tengiri di tempat pelelangan pun cukup bagus,” katanya.

Harga ikan layur saat ini mencapai Rp 27.000 per kilogram untuk ukuran kecil dan Rp 47.000 per kilogram untuk ukuran besar, sedangkan ikan tengiri mencapai Rp 40.000 per kilogram.

Oleh karena itu banyak nelayan yang melaut untuk mencari ikan dan secara kebetulan, gelombang di perairan selatan Jaten dalam dua hari terakhir cukup bersahabat.

“Mungkin besok pagi (Selasa), jumlah nelayan yang melaut lebih banyak lagi,” katanya.

Tarmuji mengharapkan hasil tangkapan nelayan akan terus mengalami peningkatan meskipun sering kali terkendala oleh gelombang tinggi karena sekarang sedang berlangsung musim angin timuran.

“Namun biasanya setiap kali habis terjadi gelombang tinggi, banyak ikan ikan yang bermunculan. Kemarin saat lebaran sering terjadi gelombang tinggi, sekarang banyak ikan yang muncul,” katanya.(jwn4/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...