Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Nelayan Keluhkan Pengurusan Izin di Pusat

SEMARANG, Jowonews.com – Nelayan yang tergabung dalam Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Jawa Tengah berharap gerai izin nelayan yang dibuka oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dapat menambah layanan.

“Kalau selama ini kan gerai izin nelayan ini hanya untuk perpanjangan surat izin usaha perikanan, sedangkan pengurusan untuk baru harus tetap dilakukan di pusat,” kata Wakil Ketua HNSI Jawa Tengah Ali Mulyono di Semarang, Kamis (22/9).

Dalam hal ini, pihaknya berharap agar pengurusan baru tersebut dapat juga dilakukan di gerai izin nelayan sehingga memudahkan nelayan yang tinggal di daerah. Selain itu, pihaknya berharap agar gerai nelayan ini buka setiap hari sehingga akses bagi nelayan untuk mengurus izin tersebut lebih mudah.

“Kalau kemarin sifatnya hanya ‘emergency’, jadi beroperasinya tidak terus-menerus. Harapannya bisa seperti saat kita mengurus surat izin mengemudi (SIM), kapan saja mengurus kan tetap dilayani,” katanya.

Diketahui, khusus di Jawa Tengah hingga saat ini gerai izin nelayan dibuka di dua tempat yaitu di Pati dan Pekalongan. Pengurusan surat izin usaha perikanan ini khusus untuk nelayan dengan kapal berukuran di atas 30 gross ton (GT). (Jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...