Jowonews

Logo Jowonews Brown

Gema DPRD Jateng

Nguri-uri Budaya Kesenian Tradisional, Anggota DPRD Jateng Gelar Grebeg Maulud Lereng Pager Jawa

Budaya Tradisional
Gema DPRD Jawa Tengah

KEBUMEN – Pada hari Minggu (15/10/2023), Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, Bambang Eko Purnomo, mengadakan acara ‘Nguri-uri Budaya Kesenian Tradisional: Grebeg Maulud Lereng Pager Jawa’ di Desa Kalibening, Kecamatan Karanggayam, Kabupaten Kebumen. Acara ini merupakan bagian dari inisiatif ‘Sosialisasi Kebijakan melalui Media Tradisional’.

Dalam acara yang meriah ini, berbagai jenis kesenian tradisional tampil untuk menghibur warga desa. Di antaranya ada pertunjukan Kuda Kepang Putri, Jamjaneng Tri Sekar Wangi, Tokbreng Krida Manggala Jati, Cepetan Alas, Sanggar Nyi Ajeng Mirah, dan Sanggar Parikesit.

Dalam balutan pakaian serba hitam, Bambang Eko Purnomo tampak bersemangat mendukung jalannya acara kesenian. Warga desa pun berbondong-bondong datang ke lokasi untuk menikmati pertunjukan.

Bambang mengungkapkan apresiasinya terhadap antusiasme warga dalam menikmati kesenian tradisional. Ia menyebut bahwa sangat menggembirakan melihat generasi muda masih bersemangat untuk terlibat dalam kegiatan seni tradisional.

“Bagus sekali, anak-anak muda di sini masih mencintai dan terlibat dalam seni tradisional,” ujarnya.

Acara kesenian diawali dengan kirab budaya di sekitar lereng Pager Jawa. Dalam prosesi kirab, beberapa warga membawa gunungan yang berisi hasil bumi, sementara rombongan seniman memainkan gending dan menampilkan tarian sebagai pengiring.

Menurut Teguh Prasetyo, seorang tokoh budaya di desa tersebut, kirab tersebut adalah ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan permohonan kesuburan yang berlimpah.

Bambang Eko Purnomo, dalam sambutannya, berharap bahwa seni dan budaya seperti ini dapat terus dijaga dan dirayakan. Selain menjadi upaya pelestarian, kesenian tradisional juga mampu memperkuat persaudaraan antardesa.

Sebelum pertunjukan kesenian dimulai, dilakukan juga dialog bersama warga. Dalam dialog ini, dibahas upaya pelestarian dan keberlanjutan kesenian tradisional di Kecamatan Karanggayam, Kabupaten Kebumen.

BACA JUGA  Pengarustamaan Gender di Jateng Menarik Minat DPRD Sumut

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...