Jowonews

Logo Jowonews Brown

NRG Sertifikasi Belum Terbit? Jangan Panik, Ini Solusi dan Cara Ceknya!

Cara Cek NRG Sertifikasi

Nomor Registrasi Guru (NRG Sertifikasi) merupakan identitas penting bagi guru yang telah lulus sertifikasi pendidik. NRG ini digunakan untuk berbagai keperluan, seperti pencairan tunjangan profesi guru (TPG), pendataan guru di Dapodik, dan lainnya.

Namun, beberapa guru mungkin mengalami kendala di mana NRG mereka tidak kunjung terbit setelah dinyatakan lulus. Hal ini tentu menimbulkan kekhawatiran dan pertanyaan.

Jangan panik! Berikut beberapa kemungkinan penyebab NRG sertifikasi belum terbit dan solusinya:

1. Data Guru Belum Lengkap

Pastikan data guru di Dapodik sudah lengkap dan akurat. Periksa kembali data seperti nama lengkap, NIP, NUPTK, tanggal lahir, gelar pendidikan, mata pelajaran yang diajar, dan satuan pendidikan tempat mengajar. Jika terdapat data yang tidak lengkap atau tidak akurat, segera hubungi operator Dapodik di sekolah atau dinas pendidikan setempat.

2. Proses Penerbitan NRG Belum Selesai

Proses penerbitan NRG membutuhkan waktu, biasanya sekitar 1-2 bulan setelah pengumuman kelulusan sertifikasi. Tunggulah dengan sabar dan pantau status NRG secara berkala melalui situs web atau aplikasi yang disediakan oleh Kemendikbud.

3. Ada Kesalahan Teknis

Kadang-kadang, NRG sertifikasi tidak terbit karena adanya kesalahan teknis pada sistem. Jika Anda sudah menunggu lama dan NRG belum terbit, hubungi layanan helpdesk Kemendikbud untuk mendapatkan bantuan.

Solusi NRG Sertifikasi Belum Terbit:

1. Cek Data Diri

Pastikan semua data diri Anda sudah lengkap dan benar di database Kemendikbud. Anda dapat mengeceknya melalui portal Simpatika atau Dapodik.

2. Hubungi LPTK

Jika Anda mengikuti PPG, hubungi LPTK penyelenggara PPG untuk menanyakan perihal NRG Anda. LPTK akan membantu Anda mengecek data dan menyelesaikan permasalahan yang ada.

3. Hubungi Kemendikbud

Jika Anda telah mengikuti langkah-langkah di atas namun NRG Anda masih belum terbit, hubungi Kemendikbud melalui layanan pengaduan online atau email.

BACA JUGA  Perhatikan! Perubahan Syarat Pencairan Tunjangan Profesi Guru di 2024

4. Pantau Informasi Terbaru

Pantau informasi terbaru terkait NRG di situs web resmi Kemendikbud atau melalui media sosial resmi Kemendikbud.

Cara Melihat NRG (Nomor Registrasi Guru):

1. Laman Info GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan)

Kunjungi laman https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ Masukkan NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) dan password Anda. Klik pada menu “Sertifikasi”. NRG Anda akan tertera di sana.

2. Aplikasi SIM PKB (Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan)

Unduh aplikasi SIM PKB di Google Play Store atau App Store. Masuk ke aplikasi menggunakan akun PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) Anda. Klik pada menu “Sertifikat”. NRG Anda akan tertera di sana.

Dengan informasi dan solusi di atas, diharapkan para guru dapat memahami proses penerbitan NRG sertifikasi dan menyelesaikan permasalahan yang mungkin terjadi.

Jangan lupa bagikan informasi ini kepada rekan-rekan guru Anda yang mungkin membutuhkan!

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...