Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

OJK Gelar Lomba Foto UMKM

SEMARANG, Jowonews.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerja sama dengan Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (Forkom IJK) menggelar pameran fotografi untuk mempromosikan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

“Tema yang dipilih yaitu ‘UMKM Pahlawan Kekinian’. Kami mengambil tema ini karena memang dari awal program OJK adalah mengedepankan finansial inklusi untuk masyarakat menengah ke bawah, salah satunya UMKM,” kata Kepala OJK Kantor Regional Jawa Tengah dan DIY M Ihsanuddin di Semarang, Jumat.

Dikatakan, hingga saat ini masih ada UMKM yang kesulitan mengakses keuangan melalui lembaga jasa keuangan (LJK). Oleh karena itu, pihaknya ingin mempromosikan UMKM agar semakin banyak LJK yang melirik sektor usaha ini.

“Berdasarkan survei memang masih banyak UMKM yang kesulitan mengakses keuangan. Dalam hal ini kami ingin memfasilitasi melalui lomba fotografi ini,” katanya.

Di sisi lain, para pelaku UMKM tidak memiliki biaya yang cukup untuk melakukan promosi sehingga diharapkan lomba ini dapat membantu dari sisi promosi.

“Selanjutnya mereka akan dilirik oleh OJK dan memperoleh fasilitas pembiayaan dan penjaminan. Di sisi lain, pelaku UMKM ini juga harus meningkatkan kualitas dan produksi,” katanya.

Pada lomba tersebut, setiap peserta diminta mengirimkan 5-8 foto serta menjelaskan masing-masing foto.

“Jadi bentuknya foto story sehingga penonton tahu kisah dibalik foto tersebut,” katanya.

Sementara itu, Ketua panitia lomba Hari Suseno mengatakan tujuan dari kegiatan tersebut lebih ke peningkatan UMKM yaitu dari yang awalnya kesulitan mengakses pembiayaan diharapkan ke depan akan dituju oleh lembaga pembiayaan.

“Di sini dari sisi ‘art’ tetap ada, tujuannya juga diraih,” katanya.

Pengiriman foto untuk lomba sendiri akan dibuka mulai tanggal 25 September-31 Oktober. Lomba terbagi dalam tiga kategori yaitu perdagangan, pariwisata, dan agrobisnis yaitu pertanian dan perikanan.

Foto yang diikutsertakan dalam lomba adalah hasil foto dari kamera DSLR, mirrorless, dan pocket. Jn16-ant


Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...