Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Ombudsman Bongkar Dugaan Pungli di Mts Negeri 1

SEMARANG, Jowonews.com – Ombudsman kembali menyoroti dugaan pungutan liar (pungli) di MTs Negeri 1 yang terletak di Jalan Fatmawati Raya Semarang.

“Saya sengaja sidak ke MTsN 1 tanpa pemberitahuan, kami mendapat laporan dari orangtua siswa bahwa disini diduga ada sumbangan atau pungli yang tak sewajarnya. Karena memang sebenarnya sekolah negeri itu dilarang meminta sumbangan dan kami pun sudah mempunyai bukti,” tegas Kepala Perwakilan Ombudsman Jateng, Ahmad Zaid saat sidak di MTsN 1 , Selasa (26/7).

Dalam kesempatan ini pihaknya menunjukkan salah satu form bukti bahwa orangtua siswa diantaranya harus memberikan sumbangan antara Rp1.250 juta hingga Rp2 juta lebih.

Ditambahkan, kasus ini juga hampir sama seperti di sekolah MAN 1 beberapa waktu lalu. Dimana semua uang akhirnya dikembalikan ke orangtua siswa melalui komite sekolah, karena dalam sumbangan tersebut ada indikasi karena harus ditentukan nominalnya.
Kepsek MTs Negeri 1, Mudlofir mengatakan, pihaknya berjanji dalam seminggu ini akan memanggil komite sekolah dan orangtua siswa untuk mengembalikan uang sumbangan. “Di sekolah kami memang banyak yang harus dibantu soal pembangunan dan fasilitas sekolah, tidak mungkin harus mengandalkan bantuan operasional sekolah (BOS),” pungkasnya. (jn19)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...