Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Optimalisasi Dana Desa Atasi Inflasi

SEMARANG, Jowonews.com – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Jawa Tengah mengusulkan optimalisasi penggunaan dana desa. Hal ini sebagai salah satu upaya penanggulangan inflasiyang terkait langsung dengan pemberdayaan masyarakat.

 Ketua TPID yang juga Sekda Jateng, Sri Puryono mengatakan, dalam mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan, maka tingkat inflasi harus dijaga agar tetap rendah dan stabil. Inflasi nasional merupakan agregat dari inflasi yang ada di daerah. Oleh karena itu, pengendalian inflasi daerah merupakan hal yang penting.

Pengendalian inflasi daerah membutuhkan kerjasama dan koordinasi dari banyak pihak, baik dari pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota. Untuk memetakan permasalahan inflasi di setiap kabupaten/kota, TPID Jawa Tengah telah melaksanakan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) di enam eks. karesidenan selama periode bulan Agustus-Oktober.

“Berdasarkan rakorwil tersebut, diperoleh dua permasalahan utama pengendalian inflasi Jawa Tengah. Yaitu penanggulangan inflasi tidak dapat dilakukan seketika sertapenanggulangan inflasi belum terkait langsung dengan pemberdayaan masyarakat,”ujarnya, Kamis (12/11).

Penanggulangan inflasi tidak dapat dilakukan seketika, sehingga perlu disusun Protokol Manajemen Lonjakan Harga (PMLH). Penerapan PMLH harus dikelola dengan baik agar dapat mencegah risiko serta melakukan penanganan yang tepat ketika terjadi lonjakan harga.

 Demikian halnya dengan ekonomi pedesaan yang perlu digerakkan untuk menanggulangi inflasi. Diantaranya melalui optimalisasi penggunaan dana desa. Sebagai contoh, pembangunan infrastruktur, seperti membangun saluran irigasi, embung desa, atau jalan tembus antar desa.

 “Selain menggerakkan ekonomi pedesaan, kegiatan tersebut juga menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar,”ujarnya.

 Selain itu, mengenali permasalahan inflasi di setiap kabupaten/kota mempermudah dalam merumuskan program kerja yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. “Identifikasi tindakan dan penanganan permasalahan penyebab inflasi yang tepat dan cepat akan memberikan hasil yang diharapkan,”tandasnya. (JN01/JN03)

BACA JUGA  Minimnya Infrastruktur Hambat Investasi

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...