Jowonews

Logo Jowonews Brown

Orang Amerika Hobi Makan Tempe, Pabriknya Segera Didirikan

JAKARTA, Jowonews- Tak hanya orang Indonesia saja yang doyan tempe. Orang Amerika pun ternyata hobi makanan khas nusantara itu.

Hal itu ditangkap Mayasari Effendi , seorang diapora Indonesia di kota Greensburg, Indiana, sebagai peluang bisnis. Dia akan mendirikan pabrik tempe skala besar pertama di kawasan Midwest Amerika Serikat itu.

Lahan dan peralatan pabrik telah disiapkan. Pabrik tempe itu diperkirakan dapat beroperasi penuh pada awal 2021.

Selama ini, Mayasari dan keluarga memang sudah memiliki industri rumah tangga untuk produksi makanan tempe. Namun kapasitas produksinya hanya bisa menghasilkan ratusan bungkus tempe.saja.

Setelah pabrik berdiri, produksi tempe diharapkan bisa mencapai 1,6 juta bungkus per minggu.

Menurut Mayasari, sebagaimana keterangan pers dari KJRI Chicago, Kamis (27/8), keinginan untuk mendirikan pabrik tempe di Greensburg tersebut disebabkan semakin banyaknya warga di AS yang mengonsumsi tempe. Pesanan makanan tempe tidak hanya berasal dari warga Greensburg, tetapi juga datang dari negara-negara bagian lainnya di AS.

Tempe, kata dia, selama ini lebih umum dikonsumsi dalam skala besar di pantai timur dan barat AS. Sehingga rencana pendirian pabrik tempe di Midwest adalah sesuatu yang baru.

Negara bagian Indiana sendiri dipilih sebagai lokasi pabrik karena merupakan salah satu sentra produksi utama AS di bidang pertanian. Salah satu produk unggulannya adalah kedelai berkualitas premium, yang didukung oleh bibit dan penguasaan teknologi pertanian yang maju.

Kerjasama

Sementara itu, Indiana dinilai juga sangat potensial untuk menjadi mitra Indonesia dalam transfer teknologi produksi kedelai, pengembangan kerja sama teknik, berbagi pengalaman dan penerapannya.

“Kerja sama tersebut antara lain dalam hal pengembangbiakan bibit kedelai unggul, peningkatan kerja sama ekspor kedelai, hingga kerja sama teknik berupa program pemagangan bagi pemuda Indonesia untuk belajar pola penanaman, pengelolaan panen hingga cara memproduksi produk-produk berbasis kedelai yang berkualitas,” kata Konsul Jenderal RI di Chicago, Meri Binsar Simorangkir sebagaimana dilansir Antara.

Hal itu disampaikan Konjen Meri dalam acara temu bisnis di kota Greensburg, negara bagian Indiana. Kegiatan itu dalam rangka mempromosikan potensi kerja sama bidang perdagangan dan investasi serta pariwisata (TTI) sesuai fokus diplomasi ekonomi Indonesia.

BACA JUGA  Uni Eropa Apresiasi Bergabungnya Kembali AS Soal Perubahan Iklim

Acara temu bisnis yang diadakan di restoran Mayasari Indonesian Grill milik diaspora Indonesia tersebut dihadiri langsung oleh Walikota Greensburg, Joshua Marsh.

Hadir pula para pebisnis dari kamar dagang dan industri serta asosiasi pengusaha kedelai, dan asosiasi eksportir yang bernaung di kawasan Midwest Amerika Serikat.

“Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk lebih meningkatkan lagi kerja sama Indonesia dengan Indiana,” ujar Meri.

Selain promosi kerja sama, KJRI Chicago juga hadir untuk mendukung kiprah Mayasari Effendi, yang aktif mempromosikan budaya dan kuliner Indonesia. Di restoran Mayasari Indonesian Grill miliknya. menu makanan tempe dibuat menjadi berbagai hidangan.

Walaupun tempe merupakan makanan populer masyarakat, Indonesia saat ini masih mengimpor bahan kedelainya. Selama lima tahun terakhir, impor kedelai Indonesia dari AS umumnya diperoleh dari negara Bagian Illinois dan Ohio, menurut keterangan KJRI Chicago.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...