Jowonews

Logo Jowonews Brown

Plesir

Pantai Teluk Penyu Cilacap, Keindahan Panorama di Pusat Kota

Pantai Teluk Penyu Cilacap

Saat berkunjung ke Kota 1000 PLTU, pastikan untuk mampir ke Pantai Teluk Penyu Cilacap. Terletak di Desa Cilacap, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah. Akses jalan pantai ini cukup nyaman untuk dilalui kendaraan. Jaraknya juga dekat dengan pusat kota atau pusat pemerintahan Kabupaten Cilacap.

Dari pusat Kabupaten Cilacap ke pantai hanya berjarak tiga kilometer (km). Selain itu, lokasi pantai ini juga dekat dengan tempat wisata lainnya seperti Benteng Pendem Cilacap. 

Daya Tarik Pantai Teluk Penyu

Salah satu pantai yang terdapat di Cilacap adalah Pantai Teluk Penyu. Hamparan pasir yang halus menjadikannya daya tarik utama untuk mengajak teman, keluarga, atau pasangan bermain di tepi pantai.

Terlebih lagi gelombang ombaknya yang berwarna biru, menjadikannya tempat yang indah dan menarik untuk bermain di tepi pantai. Namun, tetap hati-hati dan jangan berenang terlalu jauh ke tengah karena Anda berisiko terseret ombak.

Jika kamu ingin menikmati suasana pantai, lebih baik datang pada pagi atau sore hari. Ini akan memungkinkan Anda bersantai dan menikmati suara ombak dan hembusan angin yang menenangkan.

Tidak hanya itu, di sekitar Pantai Teluk Penyu, terdapat beberapa warung dan restoran yang menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman. Jadi, kamu dapat menikmati pemandangan senja sambil duduk santai di tepi pantai.

Ada beberapa saran untuk memilih waktu untuk mengunjungi Pantai Teluk Penyu. Disarankan untuk pergi saat hari-hari biasa atau akhir pekan, tetapi bukan di musim liburan. Karena saat masa libur sekolah, banyak sekali orang yang berkunjung ke pantai.

Ragam Aktivitas di Pantai Teluk Penyu

Saat bermain di Pantai Teluk Penyu, ada banyak aktivitas seru dan menarik yang bisa kamu lakukan, tetapi kegiatan bermain air di pinggir pantai jelas merupakan yang paling seru.

Bersantai di Tepi Pantai

BACA JUGA  Rekomendasi Tempat Wisata Bandungan Semarang, Cocok Untuk Liburan Akhir Pekan

Pengunjung yang datang ke Pantai Teluk Penyu diminta untuk tidak berenang di perairan yang jauh dari pantai karena ombak yang ada di pantai terbilang cukup besar. Sebaiknya, kamu beraktivitas atau bermain air di bibir pantai. Meski demikian, kamu tetap perlu berhati-hati agar tidak terseret ombak.

Memancing

Wisatawan yang gemar memancing bisa menyalurkan hobinya di Pantai Teluk Penyu. Mereka bisa memilih spot di pinggir pantai, di jembatan pemecah ombak yang membujur ke laut, atau di tengah laut dengan menyewa perahu nelayan.

Menikmati Pemandangan Saat Matahari Terbenam

Keindahan momen matahari terbenam atau sunset merupakan pemandangan yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Pantai Teluk Penyu. Apabila memungkinkan, kamu bisa mengunjungi pantai saat senja untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam.

Selain menyaksikan secara langsung keindahannya, kamu juga dapat menggunakan pemandangan matahari terbenam ini sebagai subjek foto yang menarik atau latar belakang yang mempesona.

Belanja

Setelah mengunjungi Pantai Teluk Penyu, para pengunjung memiliki kesempatan untuk membeli berbagai jenis oleh-oleh sebagai kenang-kenangan. Tersedia banyak variasi buah tangan yang dapat dibeli, mulai dari barang hiasan hingga makanan olahan seperti ikan asin. Pengunjung dapat menemukannya di sekitar daerah pantai

Fasilitas di Pantai Teluk Penyu

Tempat wisata ini sudah sangat terkenal, dan pengelola telah menyediakan banyak fasilitas untuk pengunjung. Pantai Teluk Penyu memiliki banyak tempat umum, seperti:

  • Tempat parkir
  • Toilet umum
  • Mushola
  • Warung
  • Rumah makan
  • Toko souvenir
Harga Tiket Masuk Pantai Teluk Penyu

Harga tiket masuk (HTM) Pantai Teluk Penyu sangat ramah di kantong, yakni hanya Rp 5.000/orang. Jika kamu membawa kendaraan, detikers akan dikenai tarif parkir Rp 3.000 untuk sepeda motor dan mobil sebesar Rp 5.000.

BACA JUGA  Menikmati Pagi Di Desa Sembungan, Desa Tertinggi di Jawa dan Tercantik Se-Asia
Lokasi dan Rute Menuju Pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk Penyu terletak di Kota Cilacap, Jawa Tengah, dan sangat mudah dijangkau. Sesuai dengan informasi yang terlihat di Google Maps, perjalanan dari Alun-alun Cilacap ke Pantai Teluk Penyu hanya memiliki jarak sekitar 4 kilometer atau dapat ditempuh dalam waktu sekitar 10 menit menggunakan mobil. Tidak sulit untuk diakses, bukan?

Jika kamu menggunakan moda transportasi kereta api, jarak dari Stasiun Kereta Api Cilacap ke Pantai Teluk Penyu hanya 3 km atau 5 hingga 8 menit berkendara.

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...