Jowonews

Logo Jowonews Brown

Partisipasi Perempuan di Pilkada 2018 Lebih Tinggi dari Lelaki

JAKARTA, Jowonews.com — Komisi Pemilihan Umum mencatat angka partisipasi perempuan lebih tinggi daripada partisipasi laki-laki dalam pemilihan kepala daerah, baik tingkat provinsi, kota, maupun kabupaten.

“Partisipasi di perempuan di perkotaan lebih tinggi daripada laki-laki, di daerah juga lebih tinggi,” kata Ketua KPU Arief Budiman dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa malam.

Didampingi jajaran komisioner KPU, Arief menyebutkan data menunjukkan angka partisipasi masyarakat pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur mencapai 72,66 persen dengan partisipasi laki-laki 69,9 persen dan perempuan 75,93 persen.

Sementara itu, tingkat partisipasi dalam pemilihan wali kota mencapai 73,82 persen dengan angka partisipasi laki-laki 70,76 persen dan perempuan 76,90 persen.

Untuk partisipasi pemilihan bupati mencapai 75,56 persen dengan partisipasi laki-laki 73,46 persen dan perempuan 77,68 persen.

Dari 171 pilkada yang digelar serentak pada tanggal 27 Juni 2018, kata dia, sebanyak 170 pilkada telah dilaksanakan, sedangkan satu kabupaten (Paniai) di Provinsi Papua hingga saat ini masih menunda pemungutan suara untuk pemilihan kabupaten di wilayah tersebut.

Sebanyak 171 pilkada yang digelar serentak tersebut terdiri atas 17 provinsi, 154 kabupaten/kota (39 kota dan 115 kabupaten).

Untuk pilkada di tingkat provinsi, Arief mengatakan bahwa seluruhnya telah menggelar rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara serta telah melaporkan datanya ke KPU. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...