Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Pasca Lonjakan Tahun Baru, Harga Sembako Kembali Stabil

PEKALONGAN, Jowonews.com – Harga bahan sembako di sejumlah pasar tradisional Kota Pekalongan, selama sepekan terakhir ini mulai stabil kembali pasca kenaikan pada menjelang Natal dan Tahun Baru 2017 lalu. Terlebih persediaan komoditas pangan pokok yang saat ini relatif cukup melimpah.

Pedagang sembako, Amalia di Pekalongan mengatakan bahwa ketersediaan bahan sembako di pasaran sudah cukup melimpah sehingga harga komoditas pangan pokok ini juga mulai turun. “Hampir semua bahan kebutuhan pokok masyarakat cukup tersedia di pasaran sehingga harga komoditas mulai stabil,” katanya.

Harga telur semula Rp24 ribu per kilogram kini turun menjadi Rp18.500 per kilogram, minyak curah Rp12.500 per kg turun Rp12.000 per kg, beras Rp9.000 per kilogram, dan gula pasir Rp12.500 per kg.

“Kami menyambut positif dengan turunnya harga kebutuhan pokok ini karena kondisi ini tidak akan membingungkan pedagang. Jujur saja, selama terjadi kenaikan harga sembako, omset yang kami terima juga ikut turun,” imbuhnya.

Pedagang sembako lainnya, Nurahmah mengatakan turunnya harga sembako ini mengakibatkan tingkat pembelian bahan pangan pokok ini juga naik. “Mendekati akhir tahun lalu hingga awal Januari 2017, harga sembako sangat melonjak sehingga banyak pedagang merugi karena tingkat pembelian bahan pokok juga turun,” terangnya.

Ia berharap pada pemerintah agar harga sembako ini terus stabil sehingga tidak membingungkan pedagang maupun konsumen. “Hanya saja harga sembako ini tidak diikuti oleh harga produk kemasan dari pabrik, seperti mi instans, sirup, dan sabun. Kami berharap pemerintah juga bisa menyetabilkan harga produk kemasan tersebut,” tandasnya. (jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...