Jowonews

Logo Jowonews Brown

Pasokan Air PDAM Terganggu ,Pelanggan Diminta Sabar

Ilustrasi PDAM. (Foto : IST)
Ilustrasi PDAM. (Foto : IST)
Ilustrasi PDAM. (Foto : IST)

SEMARANG,Jowonews.com – Pelanggan PDAM di Kota Semarang saat ini harus bisa sedikit bersabar. Ini lantaran perusahaan daerah (perusda) milik Pemkot Semarang itu menerapkan sistem pengaliran bergilir, menyusul penurunan sumber air selama musim kemarau. Selain itu juga karena IPA Kudu yang pasokan airnya terganggu.

Langkah ini dilakukan guna pemerataan pendistribusian air bersih kepada setiap pelanggannya. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Direktur Teknik PDAM Tirta Moedal Kota Semarang Ir Bambang Nolo Kresno, kemarin.

 Dikatakan, saat ini telah terjadi penurunan dalam produksi air bersih di IPA Kudu karena pasokan air baku yang mengalami gangguan. Dua hari ini IPA Kudu berproduksi sebesar 350-500 l/detik dari kondisi normal yang mencapai 1000 l/detik.

 “Akibatnya, pelayanan air bersih kepada pelanggan di cabang Semarang Timur dan sekitarnya yaitu daerah-daerah yang mendapat aliran dari IPA Kudu menjadi terganggu. Demi memeratakan pelayanan, kami mengambil sikap dengan menerapkan sistem aliran bergilir di daerah tersebut,” katanya,Selasa (25/8).

 Ia mengungkapkan, pengaliran di cabang Semarang Timur dan sekitarnya akan terbagi dalam dua zona yaitu transmisi dan distribusi yang masing-masing mendapat aliran selama 12 jam. Zona Transmisi antara lain meliputi wilayah Kedungmundu, Klipang, Pedurungan, Plamongan, Tanah Putih dan Jomblang.

 Daerah tersebut akan menerima aliran pada waktu malam hari. Sedangkan, untuk zona distribusi meliputi wilayah Tlogosari, Kekancan Mukti, Kaligawe dan Tanah Mas. Daerah tersebut, akan mendapatkan aliran air bersih pada siang hari.

 “Untuk daerah yang saat kondisi normal, bisa mendapat jatah aliran selama enam jam dan saat sistem gilir menjadi tiga jam. Kami mohon maklum, dikarenakan kami harus mengondisikan kuantitas air yang ada demi pemerataan aliran,” terangnya.

BACA JUGA  Petinggi Terancam Terima Gaji Minim, Bengkok Masuk ke APBDes

 Terkait hal ini, PDAM telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti Dinas PSDA Provinsi Jateng, Balai Besar Wilayah Sungai ( BBWS ) bersama Perum Jasa Tirta dalam rangka pengoptimalan pasokan sumber air baku di IPA Kudu agar kembali normal.

 Bukan hanya terjadi di wilayah Semarang Timur, lanjutnya, pelayanan air bersih di wilayah Semarang Barat juga mengalami gangguan akibat pasokan debit dari sumber mata air yang tidak stabil dalam beberapa ini. Daerah-daerah yang mengalami gangguan aliran antara lain Sadeng, Borobudur, Manyaran dan sekitarnya.

 “Kami mohon maaf sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan pelayanan saat ini. Demi menjaga pelayanan kami memberikan bantuan air tanpa dipungut biaya kepada para pelanggan yang terdampak gangguan aliran. Silakan menghubungi call center PDAM di 024-76920999 untuk informasi lebih lanjut,” tandasnya.(JN01)

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca juga berita lainnya...