Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Pedagang : Tidak Mungkin Harga Daging Turun Sampai Rp80 ribu

SEMARANG, Jowonews.com – Pemerintah telah resmi melakukan impor daging guna menekan harga di pasar. Bahkan Presiden Joko Widodo berharap impor dapat menekan harga daging hingga Rp80 ribu per kg. Namun nada pesimistis disuarakan kalangan pedagang di pasar tradisional Kota Semarang.

Seperti Jumiyati, pedagang daging sapi di Pasar Bulu Semarang, yang menyebutkan harga daging sapi sekarang ini sudah mencapai Rp105 ribu/kg untuk kualitas daging paling bagus. Daging sapi dengan kualitas bagus dan tebal yang sudah di angka Rp105 ribu/kg di pasaran tidak mungkin sedemikian mudahnya ditekan hingga menjadi Rp80 ribu/kg.

Ia mengakui pasokan daging sapi sejauh ini masih lancar yang diambilkan dari rumah pemotongan hewan (RPH) dan sejauh ini belum ada informasi kenaikan harga sehingga masih tetap. “Kenaikan harga (daging sapi) belum ada kabar. Pasokan sampai saat ini masih lancar-lancar saja. Ya, ada yang paling murah itu sekitar Rp90-95 ribu/kg,” katanya.

Jumiyati mengharapkan harga daging sapi bisa sedikit mengalami penurunan, sebab kenaikan harga yang terlalu tinggi di pasaran juga akan menyulitkan masyarakat untuk membelinya. “Namun, ya, tidak mungkin kalau sampai Rp80 ribu. Katanya, mau diturunkan sampai Rp80 ribu. Sekarang saja masih Rp105 ribu/kg, ‘masa’ bisa turun jadi segitu,” tegasnya.

Sumi, pedagang daging sapi lainnya di Pasar Bulu Semarang membenarkan harga daging sapi di pasaran sekarang ini berkisar Rp100-110 ribu/kg dan sejauh ini belum ada kenaikan. “Belum ada kenaikan. Masih di kisaran Rp110 ribu dan Rp105 ribu/kg. Yang paling bagus Rp110 ribu/kg,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang WP Rusdiana menjelaskan kondisi harga sapi di pasaran bergantung pada kualitas dari masing-masing bagian daging sapi. “Dalam sapi, ada beberapa kualitas daging, seperti has dalam, ‘sandung lamur’, bagian bertulang, dan sebagainya. Kalau bagian has dalam tidak mungkin bisa Rp80 ribu/kg,” tandasnya. (Jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...