Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Pekalongan Jamin Ketersediaan Bahan Pokok

PEKALONGAN, Jowonews.com — Pemerintah Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah, menjamin ketersediaan kebutuhan pokok saat Ramadan hingga Lebaran 1438 H masih mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Kepala Seksi Perlindungan Konsumen Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi Kabupaten Pekalongan Dewi Fabanyo mengatakan berdasarkan pantauan harga sejumlah kebutuhan pokok, seperti beras masih stabil kecuali daging sapi, ayam kampung, dan bebek yang mengalami kenaikan.

“Adapun stok kebutuhan pokok hingga Lebaran 2017 kami jamin aman meski ada kenaikan harga sejumlah komoditas,” katanya di Pekalongan, Selasa (6/6).

Untuk mengantisipasi adanya kecurangan para pedagang seperti menjual ayam tiren dan daging gelongongan, tim gabungan yang terdiri atas pemkab dan polres melakukan pantauan dan pengecekan ke sejumlah pasar tradisional.

“Pantaun dan pengecekan ini sebagai upaya memastikan apakah pasokan daging yang beredar di pasaran masih aman atau tidak atau terjadinya kecurangan yang dilakukan oleh pedagang seiring dengan naiknya harga komoditas, seperti daging,” katanya.

Pedagang daging ayam, Mufitnah, mengatakan harga daging ayam kampung yang semula Rp60 ribu per kilogram naik menjadi Rp75 ribu/kilogram dan ayam potong yang semula Rp30 ribu/kg naik menjadi Rp33 ribu/kg, serta bebek Rp32 ribu/kg naik Rp35 ribu/kg.

Harga daging sapi kualitas bagus, kata dia, sebelumnya hanya Rp110 ribu per kilogram naik menjadi Rp120 ribu/kg.

“Untuk harga daging sapi kualitas campuran dipatok Rp95 ribu per kilogram. Kami memperkirakan kenaikan harga daging akan terus melambung jika tidak ada upaya dari pemerintah daerah untuk mengatasi masalah itu,” katanya. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...