Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Pelajar Segera Dibagi e-Tiket BRT Gratis

SEMARANG, Jowonews.com – Pemerintah Kota Semarang segera membagikan “e-ticket” Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang secara gratis kepada kalangan pelajar sekolah menengah pertama (SMP).

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan pembagian “e-ticket” BRT Trans Semarang itu untuk membudayakan naik angkutan umum sejak dini terhadap kalangan pelajar SMP.

“Untuk siswa-siswi SMP di Semarang, kami akan berikan `e-ticket` BRT Trans Semarang yang dapat digunakan selama sekitar satu bulan,” kata Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi.

“E-ticket” BRT Trans Semarang yang akan dibagikan itu berisi saldo Rp50 ribu/kartu, sementara tarif yang dikenakan kepada pelajar menaiki moda transportasi massal itu sebesar Rp1.000/orang.

Menurut dia, budaya menaiki angkutan umum perlu ditanamkan sejak kecil sebagai salah satu upaya mengantisipasi kemacetan akibat banyaknya masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi.

“Kemacetan saat ini memang menjadi sebuah tantangan yang dihadapi pemerintah daerah di kota-kota besar di Indonesia, termasuk Kota Semarang, seiring kemajuan kota yang kian pesat,” katanya.

Diakuinya, Pemkot Semarang sudah berupaya mengurangi kemacetan dengan berbagai gebrakan, seperti kebijakan pemberlakuan jalur searah yang saat ini sudah diterapkan di banyak ruas jalan.

Sejak tahap pertama sampai ketiga, kata dia, saat ini upaya jalur satu arah itu sudah cukup efektif memecah simpul kemacetan di Kota Semarang meski jalur yang ditempuh menjadi lebih jauh.

Berbagai ruas jalan sudah berubah menjadi searah, seperti Jalan Veteran, Jalan Pemuda, Jalan Imam Bonjol, Jalan MT Haryono, Jalan Ahmad Dahlan, Jalan Gajahmada, Jalan MH Thamrin, dan Jalan Pierre Tendean. (Jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...