Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Pembangunan Pasar Klewer Dimulai Akhir Maret

SOLO, Jowonews.com – Pembangunan Pasar Klewer Solo yang sebelumnya terbakar diharapkan bisa dibangun lagi mulai 22 Maret mendatang. Kini Dinas Pengelola Pasar Pemerintah Kota Surakarta mengajukan proses lelang kepada Unit Layanan Pengadaan untuk pembangunan kembali tahap kedua Pasar Klewer yang ludes terbakar pada akhir 2014.

“Ya melalui proses tersebut kami berharap mulai tanggal 22 Maret 2016 pembangunan Pasar Klewer tahap kedua bisa dimulai,” kata Kepala DPP Pemkot Surakarta Subagyo di Solo.
Hingga saat ini, DPP memproses persiapan untuk pengajuan ke ULP soal lelang tersebut dengan jadwal pada 22 Maret mendatang pembangunan Pasar Klewer sudah bisa dimulai.

Ia mengatakan proses lelang diperkirakan memakan waktu hingga satu bulan. Sebelumnya, DPP melaksanakan lelang untuk konsultan pengawas proyek tersebut.

Ia menjelaskan bahwa hal itu harus didahulukan karena untuk tahapan lelang konsultan pengawas, membutuhkan waktu lebih lama, yakni 45 hari. Lelang untuk hal itu, dilakukan DPP mulai akhir Januari lalu. “Sehingga kita perkirakan lelang pelaksana dan konsultan pengawas bisa selesai dalam waktu yang bersamaan. Kita perkirakan selesainya ya 22 Maret itu,” katanya.

Dikatakan, tentang target pembangunan Pasar Klewer yang selama sembilan bulan. Jika bisa dimulai pada akhir Maret, katanya, akan selesai pada akhir tahun, yakni 30 Desember mendatang. Saat ini, Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) juga telah diterima. “DIPA sudah kita terima, surat perintah pelaksanaan juga telah ada di tangan kita. Makanya kita telah siap kerja. Untuk dana sebesar Rp 96 miliar, nantinya akan diberikan pemerintah pusat pada saat pelaksanaannya,” kata Subagyo.

Ditambahklan untuk pedagang, nantinya dikembalikan tempatnya seperti semula. Pembangunan kembali tempat itu untuk menampung 1.532 kios pedagang Pasar Klewer, 137 kios untuk pedagang renteng, 55 pedagang yang dulunya di Jalan K.H. Hasyim Ashari, 55 pedagang kemasan, dan 765 pedagang pelataran. (JN19/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...