Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Pembebasan Tol Pemalang-Batang Ditarget September Selesai

PEKALONGAN, Jowonews.com – Pemkab Pekalongan menargetkan pembebasan lahan untuk jalan tol Pemalang-Batang selesai September mendatang.

Bupati Pekalongan Asif Kholbihi di Pekalongan, Kamis, mengatakan saat ini pembebasan lahan berjalan relatif lancar dan baik.

“Saat ini perkembangannya sudah bagus. Saat awal saya dilantik menjadi bupati, pembebasan lahan baru sekitar empat persen, sekarang sudah mencapai 60 persen. Oleh karena itu, kami optimistis pembebasan lahan tol di wilayah Kabupaten Pekalongan selesai September 2016,” katanya.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Pekalongan Arifin mengatakan lahan milik warga yang terkena jalan tol Pemalang-Batang yang sudah dibayar ganti ruginya masih mencapai lima desa.

Lima desa tersebut adalah Desa Tegalsuruh dan Tegalontar Kecamatan Sragi, Desa Surobayan Kecamatan Wonopringgo, serta Desa Rengas dan Karangdowo Kecamatan Kedungwuni.

Ia mengatakan pembayaran ganti rugi untuk desa lainnya yang terdampak proyek pembangunan tol tersebut maksimal akan dilakukan hingga 31 Desember 2016.

“Pembangunan proyek tol Pemalang-Batang tersebut melintasi 23 desa di enam kecamatan se-Kabupaten Pekalongan. Desa terdampak tol Pemalang-Batang yang belum mendapat ganti rugi ditargetkan selesai September mendatang,” katanya.

Ia mengatakan sekitar 93 bidang tanah yang terkena proyek pembangunan tol di Kabupaten Pekalongan dengan luas lahan mencapai 175.252 meter persegi.

“Jumlah itu terdiri atas TKD mencapai 59 bidang, tanah wakaf 13 bidang, tanah makam tiga bidang, dan lain mencapai 18 bidang. Selama ini kami hanya terkendala mencari data yuridis kepemilikan tanah tersebut,” terangnya. (Jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...