Jowonews

Logo Jowonews Brown

Pemecatan 13 Taruna Akpol Diapresiasi

SEMARANG, Jowonews.com – Ketua Central Java Police Watch (CJPW) Aris Sunarto memberikan apresiasi yang sangat besar terhadap keputusan pemecatan terhadap 13 taruna Akademi Kepolisian (Akpol) yang terlibat kasus pembunuhan sesama taruna.

Aris mengatakan, keputusan Kepala Pendidikan dan Latihan (Kelemdiklat) Polri, dan Gubernur Akpol untuk memecat 13 taruna yang bermasalah itu merupakan langkah yang sangat tepat untuk tetap menjunjung tinggi marwah lembaga kepolisian.

“Itu bagus dan tegas. Saya dukung keputusan pemecatan yang dilakukan oleh Kalemdiklat Polri Komjendpol Arief Sulistyanto,” ujar Aris saat dihubungi, Rabu (13/2/2019).

Pemecatan taruna tersebut diputuskan dalam sidang Dewan Akademik (Wanak) yang dipimpin Gubernur Akpol Irjen Rycko Amelza Dahniel. Sidang berlangsung secara tertutup di Gedung Pratama Komplek Akpol pada Senin (11/2/2019) mulai pukul 13.00 hingga 23.30.

Dalam kasus ini, ada 14 taruna Akpol yang terlibat dalam kasus penyiksaan yang menyebabkan rekannya yang bernama Muhammad Adam meninggal dunia pada 18 Mei 2017 lalu. Namun, pelaku utama, CAS, telah dikeluarkan pada sidang Wanak yang digelar lebih dulu pada Juli 2018 lalu.

Berdasarkan rincian, 13 taruna itu ada dua anak Jenderal, tujuh anak Kombes, dan empat anak warga sipil biasa. Pelaku yang telah lebih dulu dipecat berlatar belakang anak warga sipil dan bukan orang besar

Kini, setelah sembilan bulan berlalu dari saat waktu pembunuhan, baru diputuskan semuanya secara tegas. Ke-14 pelaku telah diganjar dengan sanksi terberat, yakni Pemberhentian Dengan Tidak Terhormat alias dipecat.

Sikap tegas ini, kata Aris, merupakan sebuah langkah maju. Sebab, baru kali ini ada banyak taruna Akpol dipecat akibat melakukan penyiksaan yang menyebabkan kematian. Karena itu, Aris sangat mendukung langkah tersebut.

“Biar tidak terulang kembali kasus-kasus kekerasan di lingkungan Akpol. Termasuk membentuk polisi yang anti kekerasan,” tegasnya. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...