Jowonews

Logo Jowonews Brown

Pemkab Jepara Siap Tampung PSK Kalijodo

JEPARA,Jowonews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara siap menampung dan mempekerjakan eks pekerja seks komersial (PSK) Kalijodo diberbagai pabrik di Jepara. Namun demikian, mereka harus tetap memiliki kompetensi pekerjaan yang akan ditekuni.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Jepara M Zahid melalui pengawas tenaga kerja Muktiati, Rabu (17/2).

“Wacana itu muncul di media massa, tetapi secara resmi kami belum menerima informasi itu,” katanya.

Menurutnya, sepanjang eks PSK tersebut memiliki kompetensi dibidang pekerjaan yang akan ditekuni, pihaknya tidak mempermasalahkannya. Sehingga harus dilakukan pendidikan atau pelatihan pekerjaan bagi mereka agar bisa melaksanakan tugas dan kewajiban mereka jika memang bakal dijadikan buruh pabrik.

“Sepanjang memenuhi syarat-syarat sebagai pekerja di pabrik ya tidak ada masalah. Apalagi yang diwacanakan adalah menjadi buruh di pabrik garmen,” ungkapnya.

Pihaknya mengakui memang sampai saat ini sejumlah pabrik di Jepara masih membutuhkan banayk sekali tenaga kerja. Bahkan, pihaknya mencatat kebutuhan tenaga kerja mencapai ribuan hingga belasan ribu orang.

Wacana penggusuran tempat prostitusi Kalijodo Jakarta terus menguat. Rencana penggusuran yang dilakukan oleh pemerintah tersebut juga dibarengi dengan beberapa solusi, termasuk solusi pekerjaan bagi para pekerja seks komersial (PSK). Salah satu wacana yang keluar adalah para PSK tersebut bakal dipekerjakan atau dijadikan buruh di sejumlah pabrik termasuk di Kabupaten Jepara.

Wacana menjadikan eks PSK sebagai buruh pabrik di Jepara tersebut muncul dari Mensos Khofifah Indar Parawansa, baru-baru ini.(JN01/Jn16)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...