Jowonews

Logo Jowonews Brown

Pemkab Lengkapi Alun-alun Purwokerto dengan Puluhan Tempat Sampah

BANYUMAS, Jowonews.com – Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, melengkapi Alun-alun Purwokerto dengan puluhan tempat sampah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat guna menjaga kebersihan.

“Dulu ukuran tempat sampahnya kecil dan jumlahnya sedikit sehingga mungkin pengunjung Alun-alun Purwokerto banyak yang tidak melihatnya. Sekarang kami ganti dan menambahnya dengan yang lebih besar,” kata Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan DLH Kabupaten Banyumas Ngadimin di Purwokerto, Rabu.

Dalam hal ini, kata dia, pihaknya menambah tempat sampah baru di 36 titik sehingga sekarang di sekitar Alun-alun Purwokerto terdapat 46 tempat sampah karena sebelumnya telah ada 10 buah.

Dengan makin banyaknya tempat sampah, lanjut dia, pengunjung Alun-alun Purwokerto tidak akan kesulitan untuk membuang sampah di tempat yang telah disediakan.

Ia mengatakan sesuai dengan tujuannya, penambahan tempat sampah di Alun-alun Purwokerto untuk menyadarkan masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

“Kalau tempat sampahnya banyak, letaknya berdekatan, dan mengelilingi alun-alun, tidak ada alasan bagi pengunjung membuang sampah sembarangan. Mungkin ini merupakan alun-alun dengan tempat sampah terbanyak,” ujarnya.

Kendati DLH Banyumas telah menyiapkan petugas kebersihan, Ngadimin mengatakan tanpa adanya kesadaran dari masyarakat, sampah akan tetap menjadi momok dan menjadikan kota terlihat tidak sedap dipandang.

Menurut dia, Pemkab Banyumas juga merencanakan pengadaan tempat sampah untuk Alun-alun Kecamatan Banyumas. (JWN3/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...