Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Pemkab Semarang Upayakan Maksimalkan Potensi Wisata Alam

UNGARAN, Jowonews.com – Pemerintah Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, berupaya untuk memaksimalkan potensi wisata alam yang dimiliki untuk mendongkrak kunjungan wisatawan.

“Ada banyak sekali wisata alam, seperti di Kopeng, Bandungan, dan banyak lagi,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang Partono saat dihubungi dari Semarang, Minggu.

Berbagai objek wisata alam itu, kata dia, menawarkan berbagai keindahan panorama, suasana, serta fasilitas yang bisa dinikmati, seperti kolam renang dan permainan anak-anak.

Untuk di Kopeng, ia menyebutkan setidaknya ada dua destinasi wisata yang bisa menjadi pilihan wisatawan, yakni Kopeng Treetop Adventure Park yang banyak dikunjungi wisatawan.

“Berbagai macam permainan ketangkasan untuk ‘outbond’ ada di sana, seperti ‘flying fox’, dan sebagainya. Ini lahan milik PT Perhutani yang dikelola bekerja sama dengan swasta,” katanya.

Destinasi kedua di Kopeng, kata dia, Kawasan Wisata Kopeng yang menawarkan fasilitas yang bisa dinikmati wisatawan, seperti kolam renang dengan taman-taman yang cantik.

Namun, diakuinya, Pemkab Semarang tidak mengelola kedua destinasi wisata di Kopeng itu karena Kawasan Wisata Kopeng dikelola oleh PJKA atau sekarang menjadi PT KAI.

“Ya, tidak masalah bagi kami. Mereka kan mengelola di lahan mereka sendiri sehingga tidak ada pendapatan sektor retribusi yang masuk ke kas daerah,” kata Partono.

Akan tetapi, kata dia, kedua pengelola destinasi wisata di Kopeng itu tetap berkewajiban membayar pajak yang kewenangannya di Badan Keuangan Daerah Kabupaten Semarang.

“Demikian juga hotel-hotel yang ada di sana. Ada yang dikelola masyarakat sendiri. Yang jelas, kami senang makin banyak yang mengetahui dan berkunjung ke Kopeng,” katanya. (JWN3/Ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...