Jowonews

Logo Jowonews Brown

Pemkab Sragen Raih Penghargaan Bhumandala Award 2016

JAKARTA, Jowonews.com – Pemerintah kabupaten (Pemkab) Sragen mendapatkan penghargaan Bhumandala Award tahun 2016 Kategori Simpul Jaringan Berkembang yang diberikan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG), Senin (17/10) di Jakarta.

Penghargaan yang diberikan bertepatan dengan Hari Informasi Geospasial tersebut diberikan Simpul Jaringan Berkembang yang diberikan oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) oleh Menteri BAPPENAS Bambang Brojonegoro dan diterima oleh Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno di kantor BIG Jakarta.

Bhumandala Award merupakan penghargaan yang diberikan oleh BIG kepada berbagai kalangan dalam beberapa kategori. Kategori meliputi pembangunan simpul jaringan tingkat Kementerian/ Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota; Pembangunan Aplikasi Berbasis WebGIS dengan memanfaatkan Ina-Geoportal dan Kategori Olimpiade Geografi dan Geosains.

Hal ini sesuai dengan Perpres 27 Tahun 2014 tentang Jaringan Informasi Geospasial Nasional (JIGN).

Saat ini, Pemkab Sragen telah mulai mengembangkan pembangunan berbasis geospasial dibeberapa sektor. “Sragen sudah memulai mengembangkan pembangunan berbasis grospasial, misalnya  pembanguanan infrastuktur, pendidikan, kesehatan, sampai pengentasan kemiskinan” kata Wabup Sragen Dedy Endriyatno.

Pada tahun ini, penghargaan oleh BIG hanya diterima oleh Provinsi Kalimantan Utara yang diterima oleh Gubernur Kaltara dan Kabupaten Sragen.

Penghargaan Simpul Jaringan Informasi Geospasial menitikberatkan pada Infrastruktur Data Spasial (IDS) yang dibuat untuk menfasilitasi tukar guna dan berbagi pakai data  spasial yang ada.

Manfaat yang diperoleh diantaranya adalah meningkatkan visibilitas dan aksesibilitas data, serta ngurangi duplikasi pembuatannya. Selain itu, IDS bermanfaat untuk meningkatkan nilai guna data spasial yang ada.

Sehingga diharapkan setiap keputusan pemerintah diharapkan memiliki komponen spasial, sehingga infrastruktur informasi geospasial diperlukan untuk memfasilitasi penyediaanya yang visible, update dan accessible oleh pengguna lain

Adapun proses penilaiannya melalui tiga tahap penilaian yang dimulai sejak bulan April yang diawali dengan penyebaran kuesioner, dan puncaknya adalah pada event penganugerahan sekaligus Hari Informasi Geospasial. (jn03)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...