Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Pemkab Wonosobo Tindak Tegas Pembuang Sampah di Bogowonto

WONOSOBO, Jowonews.com — Wakil Bupati Wonosobo, Agus Subagiyo menilai pelaku pembuangan sampah satu truk ke Sungai Bogowonto di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, layak ditindak tegas.

Agus mengaku geram geram dengan munculnya kasus pembuangan sampah satu truk ke aliran Sungai Bogowonto di Desa Pecekelan, Kecamatan Sapuran yang kini tengah menjadi viral di media sosial.

Ia berharap Kapolres Wonosobo yang telah melakukan tindakan pengamanan terhadap pelaku agar ada tindakan tegas sehingga menimbulkan efek jera.

“Tindakan membuang sampah di sungai bisa mengakibatkan dampak negatif luar biasa, merugikan ekosistem sungai hingga memicu banjir. Saya sudah meminta Kapolres untuk menindak tegas pelakunya,” katanya di Wonosobo, Kamis (31/8).

Ia mengatakah hal tersebut saat meninjau Sungai Bogowonto bersama Asisten Pemerintahan M Aziz Wijaya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Supriyanto, Kepala Satpol PP Haryono, dan Camat Sapuran Agus S. Dewabrata.

Guna mencegah agar hal serupa tidak terjadi lagi, dia mengaku akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait, termasuk kepala desa dan camat se-Wonosobo.

“Upaya menambah tempat pembuangan sampah terpadu sementara, saya kira perlu dilakukan hingga sampai ke desa-desa, demi menyadarkan warga akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan,” katanya.

Menurut dia meningkatnya kesadaran masyarakat untuk tidak menggunakan sungai sebagai tempat pembuangan sampah, akan berimbas kepada terjaganya habitat sungai sebagai salah satu sumber kehidupan bagi makhluk hidup.

Kebersihan sungai-sungai di Wonosobo, katanya akan mampu memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang tengah berkunjung, apalagi banyak objek wisata air terjun yang kini tengah dibenahi untuk dapat diangkat sebagai destinasi unggulan. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...