Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Pemprov Jateng Teken Kerjasama dengan Rusia Bernilai Jutaan Dolar

SEMARANG, Jowonews.com – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menjalin kerjasama bernilai jutaan dolar dengan negara Rusia untuk eskpor produk UMKM dari Jateng.

Kepala Disperindag Jateng, Arif Sambodo mengatakan, kerjasama ini dilakukan untuk mempromosikan dan menjual produk UMKM unggulan di Jateng. Apalagi, potensi produksi UMKM di Jawa Tengah (Jateng) untuk menembus dunia ekspor kini terbuka lebar.

“Kerjasama ini dilakukan setelah produk UMKM Jateng dipamerkan di Moskow, Rusia beberapa waktu lalu. Dan ternyara produk-produk UMKM Jateng mendapatkan tanggapan yang positif dari masyarakat Rusia, ujarnya, Senin (19/8/2019)

Menurutnya, warga Rusia sendiri, menyukai dan meninati beberapa produk UMKM Jateng, seperti jamu tradisional, furniture, makanan ringan hingga gula semut.

“Dari sisi perdagangan, sedikitnya ada 13 kesepakatan dengan nilai sekitar 6,36 juta US Dollar,” sebutnya.

Ia berharap, dengan adanya kerjasama ini dapat mendongkrak sisi ekspor non migas ke Rusia. Data menunjukan, dalam setahun nilai ekspor Jateng ke Rusia dari dari sisi non migas mencapai 30 juta US Dollar

“Sementara impor kita lebih besar, diangka 50 juta US Dollar, berupa gandum dan bahan mineral,” pungkasnya. (jwn5)

BACA JUGA  KPK Ingin Pendidikan Antikorupsi Yang Diinisiasi Pemprov Jateng Diterapkan Di Seluruh Daerah

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...