Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Pemuda Karanganyar Raih Penghargaan Good Design Award 2022 Karena Restorasi Rumah Tradisional Jawa

Restorasi Rumah Tradisional Jawa

KARANGANYAR – Pemuda asal Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Lorca Langit Biru menerima penghargaan kategori Architectural-Interior Design pada Good Design Awards 2022.

Good Design Award adalah kompetisi dan penghargaan tertua untuk desainer interior yang diakui oleh World Design Organization (WDO).

Lorca meraih penghargaan atas karyanya yang memadukan nuansa tradisional dan modern dengan nama Rumah Limasan.

Ia merenovasi rumah limas miliknya di kawasan Colomadu yang selesai dibangun pada 2020. Pria berusia 29 tahun itu membutuhkan waktu sekitar enam bulan untuk merestorasi rumahnya. Hal itu ia lakukan karena melihat banyak rumah adat Jawa yang tidak tertata dengan baik dari segi desain interiornya.

“Rumah tradisional Jawa sering terlihat gelap, suram, bahkan angker,” kata Lorca dikutip dari GenPI.co Jateng, Selasa (20//9/2022).



Dia menjelaskan bahwa pencahayaan menghilangkan nuansa rumah Jawa yang angker. “Ruangan terasa lebih terang, lebih luas dan nyaman,” kata Lorca.

Menurutnya, banyak pemilik rumah tradisional Jawa yang tidak tahu bagaimana mendekorasi rumahnya agar sesuai dengan kebutuhan kehidupan modern saat ini. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya referensi tata ruang perumahan yang memadukan tradisional dan modern.

Hal ini membuat banyak pemilik lebih memilih untuk meruntuhkan konstruksi aslinya dan kemudian membangun kembali rumahnya dengan desain modern.

Lorca berharap karyanya bisa menjadi referensi untuk desain interior rumah tradisional Jawa yang tetap mempertahankan tampilan tradisionalnya.

Foto: doc. Genpi.co

BACA JUGA  Kebun Benih Masaran Karanganyar Berupaya Kejar Target PAD

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...