Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Penerimaan Pajak DJP Jateng II Baru 55 Persen

SOLO, Jowonews.com — Penerimaan pajak oleh Direktorat Jenderal Pajak Jawa Tengah II hingga akhir bulan September 2017 mencapai 55,31 persen atau setara dengan Rp6,581 triliun.

“Realisasi penerimaan ini jika dibandingkan dengan target hingga akhir tahun 2017, yaitu sebesar Rp11,9 triliun,” kata Kepala Kanwil DJP Jawa tengah II Rida Handanu di Solo, Senin (16/10).

Ia mengatakan jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, realisasi penerimaan pajak pada periode berjalan tahun ini terjadi penurunan sekitar 10,73 persen.

Menurut dia, penurunan tersebut terjadi mengingat pada periode sama tahun lalu dilaksanakan program amnesti pajak sehingga mampu mendongkrak penerimaan pajak pada saat itu.

“Tetapi kalau tanpa amnesti pajak, penerimaan kita saat ini masih tumbuh sekitar tiga persen jika dibandingkan periode sama tahun lalu,” katanya.

Sementara itu, mengingat saat ini hampir memasuki akhir tahun, Rida menilai bukan sesuatu yang mudah untuk bisa mengejar angka pencapaian sesuai dengan target awal.

“Minimnya penerimaan itu disebabkan beberapa faktor, salah satunya adalah serapan anggaran dari proyek pemerintah yang mengalami penurunan,” katanya. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...