Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Pengoplos Jamu Diringkus

SOLO, Jowonews.com – Seorang penjual jamu oplosan di kawasan Pasar Kleco Solo diamankan oleh aparat kepolisian setempat, Selasa (3/10).

Kepala Polres Kota Surakarta Kombes Pol Ahmad Luthfi melalui Kapolsek Laweyan Kompol Agus Puryadi, mengaku berhasil mengamankan seorang pedagang jamu oplosan kadar alkohol sekitar 96 persen ini, yakni Haryono (65) warga Norowangsan, Pajang, Solo.

Selain itu, lanjutnya, polisi juga menyita tiga jerigen isi 20 liter jamu oplosan, lima jerigen isi lima liter jamu oplosan, 31 botol mineral ukuran 1.500 mili liter, dan 26 botol ukuran 600 mili liter untuk dijadikan barang bukti.

Dijelaskan, kejadian tersebut berawal adanya laporan masyarakat bahwa ada pedagang jamu yang mengandung alkohol dijual di kawasan Pasar Kleco Solo. “Kami kemudian melakukan penyelidikan ke lokasi, dan ternyata benar langsung mengamankan pelaku dan sejumlah barang bukti dibawa ke Polsek Laweyan untuk proses pemeriksaan lebih lanjut,” katanya.

Menurutnya, jamu yang dijual pelaku berbahaya karena pada botol kemasan tidak dicantumkan jenis-jenis minuman dan bahan yang dioplos dalam campuran jamu itu. Jamu itu, tidak disertai dengan komposisi dan label dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), sehingga ilegal.

Oleh karena itu, pihaknya mengamankan pelaku karena telah melakukan pelanggaran tentang keamanan umum bagi orang, barang, dan kesehatan dengan menjual jamu yang mengandung alkohol tanpa izin dengan pihak yang berwewenang, sebagaimana dimaksud melanggar pasal 489 ayat 1 KUHP. (Jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...