Jowonews

Logo Jowonews Brown

Pengumuman Nobel Sastra Tertunda Akibat Skandal Seks

STOCKHOLM, Jowonews.com — Akademi Swedia, lembaga penanggung jawab pemilihan penerima hadiah Nobel Sastra, pada Jumat mengatakan tidak akan mengumumkan pemenang pada tahun ini karena skandal seks, yang membuat beberapa anggota dewan itu mengundurkan diri.

Pembatalan hadiah bergengsi itu belum pernah terjadi selama beberapa dasawarsa belakangan. Akademi Swedia mengakui bahwa nama baik mereka hancur karena dugaan skandal suami salah satu anggota direksinya.

Akademi itu juga mengakui bahwa beberapa nama pemenang sudah bocor.

“Keputusan itu diambil dengan mempertimbangkan penurunan kepercayaan umum terhadap Akademi,” kata lembaga itu dalam pernyataan tertulis.

Akademi Swedia, yang anggotanya terdiri dari elit sastra dari negara yang sama, mengaku akan memberikan dua hadiah pada 2019, untuk mengganti pembatalan pada tahun ini.

“Kami menilai penting untuk meluangkan waktu demi mengembalikan kepercayaan publik kepada Akademi sebelum pemenang hadiah nobel berikutnya diumumkan,” kata Anders Olsson, yang untuk sementara ini menjabat sebagai Sekretaris Akademi.

Skandal seksual yang diduga dilakukan oleh suami dari salah satu anggota dewan adalah hal yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi Akademi Swedia, lembaga yang dibentuk oleh Raja Gustav III pada 1786. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...