Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Perajin Solo Siap Pasarkan Kain Lurik di Inacraft

SOLO, Jowonews.com — Salah satu pengrajin asal Kota Solo Katarina Oktaviani Putri siap memasarkan kain lurik ke tingkat nasional bahkan global melalui pergelaran Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) 2018 pada tanggal 25-29 April.

“Saya sangat antusias mengikuti acara ini karena saya ingin suatu saat bisa melakukan ekspor ke luar negeri,” katanya di Solo, Jumat.

Ia mengatakan saat ini baru melayani penjualan di pasar dalam negeri, meski demikian untuk penjualannya sudah sampai ke luar pulau, salah satunya Pulau Sumatera.

Untuk produk yang dibuatnya dengan bahan baku kain lurik tersebut beranekaragam, di antaranya tas dan skraf. Selain itu, ia juga mencoba mengkreasikan kain lurik untuk dibuat kalung dan anting.

Wanita yang akrab dipanggil Oca ini mengatakan untuk harga produk yang dijualnya mulai dari Rp5.000 hingga Rp200.000/produk.

Sementara itu, untuk memperkaya produk yang dihasilkan, tak jarang warga Mojosongo, Surakarta ini bertukar jenis kerajinan tangan dengan konsumennya.

“Ini untuk mengembangkan kreasi, seperti misalnya saat ini saya sedang tertarik dengan Ulos dari Padang yang pada tiap benang yang ditenunnya mengandung emas asli. Untuk selembar kain kecil saja harganya mencapai Rp500 ribu,” katanya. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...