Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Perang tarif, PHRI Khawatirkan Persaingan Tak Sehat

SEMARANG, Jowonews.com – Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Tengah mengkhawatirkan terjadinya perang harga yang tidak sehat antar hotel di Semarang. Ini menyusul banyaknya hotel-hotel baru di Ibukota Provinsi Jateng ini.

“Khusus untuk di Kota Semarang kami menyambut baik keinginan Wali Kota mengenai memperbolehkan hotel baru masuk Semarang selama segmentasi berbeda dari hotel yang sudah ada,” kata Ketua PHRI Jawa Tengah Heru Isnawan di Semarang, Jumat (16/9).

Dikatakan, langkah tersebut penting dilakukan mengingat akhir-akhir ini semakin banyak hotel baru yang masuk ke Jawa Tengah khususnya Semarang dan Solo. Bahkan, dalam waktu dekat ini akan ada beberapa hotel berbintang yang masuk ke Kota Magelang.

Dan tidak menutup kemungkinan kondisi ini juga akan terjadi di beberapa kota lain di Jawa Tengah. Padahal, seharusnya hotel berbintang tidak harus ada di setiap daerah.

“Seharusnya antara daerah satu dengan yang lain saling menguntungkan, misalnya kalau hotel di Semarang kan sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan tamu yang akan melakukan perjalanan ke Kendal, Demak, maupun daerah-daerah sekitar,” katanya.

Kondisi tersebut juga berlaku di Solo. Masyarakat yang akan melakukan perjalanan ke wilayah Solo Raya dapat memanfaatkan hotel yang ada di Solo. Dengan demikian, pembangunan hotel di Jawa Tengah tidak sampai menjamur seperti yang mulai terlihat akhir-akhir ini.

“Kalau ini dibiarkan tentu akan menjadi perang tarif, berbeda jika masing-masing hotel memiliki segmentasi berbeda misalnya khusus pelancong atau khusus melayani MICE (pertemuan, insentif, konvensi, dan pameran),” katanya.

Diakuinya, untuk di Jawa Tengah sejauh ini kontribusi MICE masih lebih tinggi dibandingkan dengan kontribusi dari tamu pelancong. Dari rata-rata okupansi 38-39 persen, kontribusi MICE sebesar 60 persen sedangkan sisanya pelancong. (Jn19/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...