Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Perceraian di Kudus Didominasi Gugatan Istri

KUDUS, Jowonews.com — Angka perceraian di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, didominasi gugatan cerai yang diajukan istri terhadap suaminya, kata Juru Bicara Pengadilan Agama Kelas II setempat Nursaidah.

“Kami mencatat, selama periode Januari hingga Desember 2016 terdapat 1.184 kasus perceraian,” ujarnya di Kudus, Kamis (13/7).

Dari jumlah kasus tersebut, lanjut dia, sebanyak 825 kasus perceraian di antaranya merupakan cerai gugat yang diajukan istri, sedangkan kasus cerai talak yang diajukan suami terhadap istrinya hanya 359 kasus.

Kondisi serupa, lanjut dia, juga terjadi pada tahun 2015 cerai gugat tercatat berjumlah 176 kasus, sedangkan cerai talak hanya 82 kasus.

Terkait dominasi perceraian yang diajukan merupakan cerai gugat yang diajukan istri, kata dia, disebabkan oleh sejumlah faktor.
Di antaranya, karena alasan ekonomi mendorong istri menggugat cerai karena suami dinilai tidak memberikan nafkah terhadap istrinya.

Faktor lainnya, karena adanya pihak ketiga atau wanita idaman lain, kekerasan yang dialami istri, serta karena faktor hubungan keduanya yang tidak harmonis. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...