Jowonews

Logo Jowonews Brown

Kabar Ndeso

Persiapan Pilkada Serentak 2015: BKD Sudah Siapkan 17 Pj Kada

pilkadaSEMARANG, Jowonews.com – Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jateng Arief Irwanto sudah menyiapkan 17 calon pengganti pimpinan daerah. Mereka yang disebut Pejabat Sementara (Pj) disiapkan dari Kepala Dinas golongan IVD atau minimal IVC eselon II.

Arief menjelaskan, dari kebutuhan Pj di 16 daerah, sudah ada 17 Pj yang layak ditempatkan. Mereka semuanya bahkan sudah melengkapi curriculum vitae (CV), dan kelengkapan administrasi.

Hanya saja, masalah penempatan akan diputuskan oleh Gubernur. Bahkan, jika ada kepala daerah yang akan mundur sebelum AMJ tiba, maka akan tetap ditempatkan Pj sesegera mungkin.

“PNS-nya saya siapkan. Kalau mundur mau diisi ya kita siapkan. Calon Pj akan disahkan seperti ada sertijab. Mereka nanti dibekali sekolah selama tiga hari oleh senior-senior di Pemprov Jateng untuk mengetahui substansi pemerintahan di darah. Dalam waktu dekat bisa laksanakan,” terang mantan Kepala Satpol PP Jateng itu.

Lebih lanjut disampaikan, dalam menggantikan Kepala SKPD yang menjabat sebagai Pj, pihaknya akan mem-Plt-kan jabatan tersebut. “Kalau sudah selesai, maka posisi kembali ke tempat semula,” tandasnya.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan lima Pj terlebih dahulu. Mereka yakni Pj yang akan menempati daerah dengan AMJ yang habis bulan Juli. Kota Semarang, Rembang, Kebumen, Purbalingga, dan Kota Surakarta (Solo) adalah lima daerah yang akan didahulukan penempatan.

“Kecuali di Purbalingga, saya siapkan Plt jelas dari provinsi, karena di sana sekda-nya mau maju. Mereka tidak pakai uji kelayakan khusus karena secara layak atau tidak, mereka sudah layak semua. Mungkin nanti setelah dipilih akan dilakukan briefing,” tandas Gubernur. (JN01)

BACA JUGA  Muslimat NU Doakan Hebat Menang

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...