Jowonews

Logo Jowonews Brown

Personil BPBD Jateng Diminta Siaga

SEMARANG, Jowonews.com — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta seluruh anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota untuk selalu siaga atau “on call” selama musim hujan karena rawan terjadi bencana alam.

“Sebarkan poster tentang ciri-ciri bencana, bereskan jalur evakuasi ke tempat-tempat pengungsian yang aman. Pastikan semua logistik kita semua siap dan semua personel ‘on call’ apabila sewaktu-waktu terjadi bencana,” katanya di Semarang, Rabu (11/10).

Ganjar menyampaikan, kondisi cuaca tidak menentu yang terjadi beberapa waktu terakhir ini hendaknya diwaspadai oleh masyarakat.

Mantan anggota DPR RI itu menginstruksikan seluruh jajaran BPBD provinsi dan kabupaten/kota untuk melakukan pemetaan masyarakat yang tinggal di lokasi rawan bencana, seperti daerah yang kemiringan tanahnya terhitung ekstrem.

Instansi-instansi yang terkait dengan kebencanaan dan kemanusiaan juga diminta meningkatkan sinergi dengan anggota Forum Kewaspadaan Diri Masyarakat (FKDM) untuk menyosialisasikan tanda-tanda terjadinya bencana.

“Kita sebarkan ilmu ‘titen’ yang dimiliki. Longsor itu ‘niteninya’ tidak terlalu sulit, kita cek tebing-tebing apakah muncul rekahan-rekahan. Yang perlu dipetakan adalah di mana konsentrasi-konsentrasi penduduk di area yang memang ekstremitas kemiringan cukup tinggi,” ujarnya.

Politikus PDI Perjuangan itu menegaskan, operasi kemanusiaan tidak pernah memandang batas wilayah kepemimpinan.

Oleh karena itu, pihaknya menyampaikan apresiasi karena pemerintah provinsi bersama kabupaten/kota dapat bersinergi dengan baik dalam mengatasi kebencanaan yang terjadi di sekitar mereka tanpa memikirkan ego sektoral masing-masing. (jwn5/ant)

Simak Informasi lainnya dengan mengikuti Channel Jowonews di Google News

Bagikan berita ini jika menurutmu bermanfaat!

Baca juga berita lainnya...